Technology

GoTransit besutan GOTO Digandrungi Masyarakat

Gojek.

Gojek, pelopor layanan on-demand di Indonesia dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), mendapatkan penghargaan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) sebagai Aplikator Online Favorit Masyarakat serta Aplikator Online yang Mendukung Integrasi Angkutan Umum. Penghargaan ini mengukuhkan posisi Gojek sebagai penyedia layanan ride-hailing pilihan utama masyarakat yang membantu ragam kebutuhan mobilitas sehari-hari, termasuk saat masyarakat melakukan perjalanan dengan angkutan umum.

Steven Halim, Head of Transport & Logistic Business Gojek, mengatakan GoTransit merupakan solusi teknologi pertama di dunia yang menghubungkan perjalanan ride-hailing dan transportasi publik dalam satu platform. Inovasi ini merupakan komitmen kami dalam mendukung program Pemerintah menyediakan layanan transportasi publik yang mudah diakses dan nyaman. "Dua penghargaan dari Dewan Transportasi Kota Jakarta merupakan konfirmasi terhadap terciptanya manfaat langsung yang dirasakan masyarakat lewat keberadaan layanan kami. Penghargaan ini memperkuat semangat kami untuk terus berinovasi dan memperluas dampak positif dari layanan mobilitas Gojek ke lebih banyak masyarakat pengguna transportasi publik," ujarnya seperti dikutip swa.co.id di Jakarta, Sabtu (21/9/2024).

Haris Muhammadun, Kepala Dewan Transportasi Kota Jakarta, mengapresiasi Gojek terhadap kontribusinya dalam mengubah wajah transportasi di Jakarta. Pencapaian sebagai Aplikator Online Favorit Masyarakat adalah bukti nyata bahwa Gojek menjadi pilihan utama masyarakat dan kami berharap layanan ini dapat terus ditingkatkan. "Kami mengapresiasi keberhasilan Gojek sebagai Aplikator Online yang Mendukung Integrasi Angkutan Umum lewat peran Gojek di first mile dan last mile, serta hadirnya GoTransit yang akan mendorong masyarakat untuk lebih memilih angkutan umum dan mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi," ujar Haris.

Penghargaan diberikan pada gelaran DTKJ Awards 2024 pada Kamis pekan ini. Penghargaan ini berdasarkan survei yang dilakukan terhadap masyarakat pengguna angkutan umum serta penilaian terhadap inovasi dan upaya Gojek dalam menciptakan integrasi dengan moda transportasi lainnya lewat keberadaan fitur GoTransit.

Fitur GoTransit dirancang untuk mempermudah pengguna dalam melakukan perjalanan multi-moda dengan mengintegrasikan layanan Gojek dan angkutan umum yakni KRL Commuter Line dalam satu platform. Dengan GoTransit masyarakat bisa memesan layanan GoRide untuk menuju maupun melanjutkan perjalanan dari stasiun, serta membeli tiket Commuter Line cukup dalam satu transaksi.

Di wilayah Jabodetabek, kemudahan GoTransit turut didukung dengan keberadaan shelter driver Gojek yang terintegrasi dengan stasiun KRL Commuterline. Keberadaan fasilitas ini mempermudah pengguna untuk dapat langsung melanjutkan perjalanan dari stasiun menuju tujuan akhir dengan cepat. Saat ini telah terdapat 18 shelter driver Gojek yang berlokasi hub transportasi publik dan stasiun-stasiun paling sibuk di wilayah Jabodetabek.

Terbaru, Gojek merevitalisasi shelter driver yang berlokasi di area Stasiun KRL Commuter Line Sudirman yang sekaligus dapat melayani masyarakat yang hendak melanjutkan perjalanan dari Stasiun KA Bandara BNI City serta Stasiun MRT Dukuh Atas.

Sebelumnya, penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (PUSTRAL UGM) pada 2023 mengungkapkan pengguna GoTransit dapat menghemat waktu tempuh perjalanan sebesar 15% serta menghemat biaya hingga 27% dibanding pola perjalanan sebelumnya. Sebagai andalan masyarakat, GoTransit pun turut sukses menjadi kanal digital paling banyak yang menjual tiket Commuter Line, membuat penggunaan tiket digital meningkat hingga 300%.

Selain kemudahan fitur, sebagai bentuk dukungan berkelanjutan Gojek dalam mendorong penggunaan transportasi publik, Gojek juga memiliki ragam penawaran bagi masyarakat yang menggunakan GoTransit. Saham GOTO pada penutupan perdagangan di 20 September 2024 stagnan di Rp63. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved