BRI Group Telah Bayar Klaim Asuransi Kebakaran Nasabah di Pasar Kutoarjo Yogyakarta
BRI Insurance (BRINS) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyerahkan klaim asuransi kepada nasabah di Pasar Kutoarjo, Yogyakarta, yang tertimpa musibah kebakaran pada 16 Agustsus 2024. Setelah sebulan, klaim itu dibayarkan oleh Pemimpin Cabang BRI Kutoarjo, Ardika Prasetyo dan Pinca BRI Insurance Yogyakarta, Ari Pratama kepada para nasabah pada 17 September 2024.
Pinca BRI Kutoarjo Ardika Prasetyo mengatakan dalam siaran pers, ada 95 polis asuransi yang diserahkan kepada nasabah dengan nilai total Rp 475 juta. Setiap polis mendapatkan Rp 5 juta. "Tadi kami serahkan secara simbolis klaim asuransi kerusakan tempat usaha bagi pedagang Pasar Kutoarjo yang tertimpa musibah kebakaran pada Agustus 2024 lalu," ujarnya.
Dengan hanya membayar premi Rp 40 ribu per tahun, para nasabah akan terlindungi dengan asuransi BRI Insurance selama satu tahun. "Jadi misalnya terjadi kebakaran yang tidak kita inginkan, otomatis akan di-cover oleh asuransi BRI Insurance sebagai anak perusahaan BRI," Ardika menegaskan.
Ari Pratama selaku Pinca BRI Insurance Jogjakarta, berharap dengan penyerahan klaim tersebut akan menambah modal bagi nasabah BRI Insurance untuk memulai usahanya mengingat usai terjadinya kebakaran Agustus lalu, sebagian besar barang milik para pedagang terbakar habis. "Semoga santunan ini bisa untuk membantu memulai usaha lagi. Meskipun nominalnya tidak banyak, tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat,” tutur Ari berharap.
Diketahui, Pasar Kutoarjo terbakar hebat pada Jumat (16/8/2024) lalu sekitar pukul 06.45 pagi, akibat kebakaran tersebut ratusan kios dan los habis terbakar. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti pemicu terjadinya kebakaran itu. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tetapi para pedagang harus mengalami kerugian material karena barang dagangannya habis terbakar.
Salah satu penerima asuransi yaitu Sugiyati. Dia adalah pemilik kios kelontong di lantai dua bagian tengah Pasar Kutoarjo. "Saya tidak menyangka akan terjadi kebakaran ini, kerugiannya sekitar Rp 20 juta lebih. Tapi saya bersyukur ikut asuransi BRI Insurance,” ucapnya.
Dia mengaku terbantu dengan pembayaran klaim asuransi ini. Pasalnya, dengan bantuan itu, dapat meringankan beban yang dia tanggung. Rencananya dana tersebut akan dimanfaatkan untuk tambahan modal dan bayar cicilan.
BRI Insurance memiliki produk-produk asuransi dengan premi yang sangat terjangkau mulai dari Rp40 ribu - 50 ribu per tahun. Sebut saja, Asuransi Mikro Kerusakan Tempat Usaha, Rumahku, Motorku dan Proteksiku. Untuk mendapatkan perlindungan tersebut, masyarakat bisa mendapatkan dengan cara yang mudah yaitu menggunakan BRINSmobile.
Melalui aplikasi BRINSmobile, masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mengakses layanan pembelian asuransi, pengajuan klaim, informasi bengkel rekanan dan fitur lainnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dalam berasuransi.
BRI Insurance adalah perusahaan asuransi kerugian dan menjadi bagian dari BRI Group. Perusahaan ini tentu saja berbeda dengan Bank BRI, BRI Life, BRI Finance dan anak perusahaan BRI lainnya, baik dari bidang bisnis maupun tampilan logo official. (*)