Trends

Ditjen Pendidikan Vokasi Raih Dua Penghargaan di Ajang Media Relations Awards 2024

Ditjen Vokasi raih penghargaan kategori Media Relations Awards 2024 (Dok. Ditjen Vokasi)

Dalam ajang bergengsi Anugerah 78 Tahun SPS Award yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil membawa pulang dua penghargaan di kategori Media Relations Awards 2024.

Penghargaan ini didapat dalam subkategori Press Release dan Press Gathering, menunjukkan bagaimana publikasi pendidikan vokasi semakin diapresiasi oleh industri pers.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Cecep Somantri, Ketua Tim Kerja Bidang Kerja Sama dan Humas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, dalam acara yang digelar pada Jumat, 20 September 2024, di Bandung, Jawa Barat.

Cecep mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut dan menekankan pentingnya publikasi praktik baik dalam pendidikan vokasi di Indonesia.

“Dua penghargaan kali ini adalah kristalisasi perjuangan dan konsistensi. Tatkala prestasi menjadi tradisi, kadang orang lupa upaya dan peluh di belakangnya. Untuk itu, kita rayakan ini dengan ungkapan rasa syukur dan motivasi agar menjadi lebih baik lagi,” ujar Cecep.

Dorongan untuk Menyebarkan Praktik Baik

Pendidikan vokasi di Indonesia kini semakin dilirik karena inovasi dan kontribusinya yang nyata terhadap dunia kerja. Oleh karena itu, publikasi yang baik memainkan peran penting dalam menyebarluaskan praktik-praktik tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Tatang Muttaqin, turut memberikan apresiasi atas dukungan seluruh pihak yang terlibat dalam menyebarkan keberhasilan pendidikan vokasi.

“Terima kasih kepada satuan pendidikan vokasi yang terus berinovasi dan membagikan praktik baiknya dengan tim humas. Semoga penghargaan ini jadi pemantik semangat untuk terus menebarkan praktik baik pendidikan vokasi,” ujar Tatang.

Prestasi yang Diraih dengan Standar Ketat

Meraih dua penghargaan sekaligus bukanlah hal yang mudah. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mendapatkan Gold Winner untuk Press Gathering dan Silver Winner untuk Press Release.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya Direktorat dalam mempublikasikan capaian dan kebijakan yang berdampak positif pada perkembangan pendidikan vokasi, sekaligus membangun hubungan baik dengan media.

Kompetisi Media Relations Awards tahun ini diikuti oleh puluhan instansi dengan standar yang semakin ketat. Dewan juri yang terdiri dari para ahli di bidang public relations dan media, seperti Asmono Wikan (CEO PR Indonesia), Maria Wongsonegoro (PR Consultant), Jojo S Nugroho (Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia), Pung Purwanto (Pemimpin Redaksi Sindonews.com), dan Tri Agung Kristanto (Wakil Ketua Umum Harian Kompas), memberikan penilaian secara ketat terhadap seluruh peserta.

“Semua yang masuk sudah memenuhi standar press release yang baik. Catatan saya adalah bagaimana memasukkan data dalam sebuah press release,” ungkap Pung Purwanto, salah satu juri.

Tri Agung Kristanto juga menambahkan, “Tim humas korporat terlihat sudah menguasai teori bagaimana membuat siaran pers yang baik."

Mendorong Inovasi dan Konsistensi

Dengan penghargaan ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi semakin mempertegas pentingnya komunikasi yang baik dengan media sebagai bagian dari strategi untuk menyebarluaskan praktik baik dan inovasi dalam pendidikan vokasi.

Pengakuan dari SPS Award juga diharapkan dapat memotivasi satuan pendidikan vokasi di seluruh Indonesia untuk terus berinovasi dan berbagi capaian mereka dengan publik, menciptakan dampak yang lebih luas bagi masyarakat dan dunia kerja.

Melalui penghargaan ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi semakin membuktikan komitmennya dalam memajukan pendidikan vokasi Indonesia serta memperkuat sinergi dengan media untuk meningkatkan daya saing bangsa di kancah global. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved