Gali Potensi Talenta Digital Lokal, GoTo Luncurkan APM Bootcamp
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) baru saja meluncurkan Program Associate Product Manager (APM) Bootcamp, sebuah inisiatif strategis yang bertujuan mendukung pertumbuhan talenta digital di Indonesia. Program ini dirancang dengan pendekatan on-the-job training menggunakan kurikulum kelas dunia, dengan tujuan mencetak para pemimpin masa depan di bidang teknologi di tanah air.
SVP Produk Gojek sekaligus Champion Program APM Bootcamp GoTo, Vikrama Dhiman, menegaskan bahwa industri teknologi merupakan salah satu penggerak utama ekonomi digital Indonesia.
"Kami percaya bahwa pemanfaatan teknologi adalah cara efektif untuk menciptakan dampak sosial yang positif. Inilah alasan kami meluncurkan GoTo APM Bootcamp – untuk mengasah talenta digital teknologi lokal, menempatkan mereka di pusat inovasi kami, serta menavigasi implementasi program-program yang dapat meningkatkan kualitas hidup jutaan orang," jelas Vikrama.
Proses seleksi program ini melibatkan hampir 200 lulusan dari berbagai universitas ternama di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada. Dari jumlah tersebut, hanya 10 peserta yang berhasil terpilih untuk mengikuti program ini dan langsung menjadi karyawan full-time di Gojek, unit layanan on-demand milik GoTo.
GoTo APM Bootcamp yang berlangsung selama 18 bulan menggabungkan berbagai elemen pelatihan, pembinaan, serta pendampingan. Peserta akan melalui proses pembelajaran intensif untuk menjadi Product Manager full-time di GoTo, dengan bekerja bersama tim lintas divisi. Mereka akan terlibat dalam pengembangan produk untuk sektor transportasi, pengiriman makanan, dan logistik, serta disiplin ilmu lain seperti product development, desain UI/UX, research & engineering, dan analisis data.
"Program ini memberikan pengalaman unik yang memadukan inovasi, strategic thinking, problem solving, kreativitas, kolaborasi, dan keterampilan manajemen proyek. Saya berharap GoTo APM Bootcamp dapat memicu semangat para pemimpin masa depan di bidang teknologi ini untuk menciptakan produk-produk inovatif bagi Indonesia dan terus berjuang demi kemajuan bangsa," tambah Vikrama.
Sebagai pemain kunci dalam transformasi digital Indonesia, GoTo telah memberikan dampak signifikan. Berdasarkan penelitian LPEM UI, kehadiran GoTo di tingkat kota/kabupaten antara tahun 2018 hingga 2023 berkontribusi pada peningkatan 2,2%–3,1% pekerja terampil secara digital. Di luar Jawa dan Bali, kontribusi tersebut bahkan lebih tinggi, mencapai 3,3%–4,25% selama periode yang sama. (*)