Prudential Raih Premi Rp10,1 Triliun di Semester I-2024
Perusahaan asuransi jiwa PT Prudential Life Assurance membukukan peningkatan total pendapatan premi senilai Rp10,1 triliun atau meningkat sebanyak 3% secara year on year (YoY) pada semester I-2024.
Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan, kenaikan premi tersebut didorong oleh pertumbuhan dari premi bisnis baru sebesar 4,1% serta pertumbuhan produk asuransi tradisional sebesar 28% pada semester I-2024.
Sementara itu, Prudential Life Assurance juga telah membayar total klaim dan manfaat sebesar Rp 8,6 triliun, angka ini meningkat sebesar 5,5% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan klaim ini terjadi salah satunya karena inflasi medis yang terus terjadi.
"Strategi yang kami lakukan saat klaim meningkat itu seperti meluncurkan PRUWell di bulan April. Karena ada fitur yang memberikan insentif agar nasabah bisa menjaga gaya hidup sehat. Kami berharap dari sana kami bisa menarik lebih banyak nasabah yang memang berhak untuk dapat reward karena dia jaga hidup sehat," ujar Karin pada media briefing, Rabu (25/9/2024).
Prudential menyediakan produk PRUWell untuk menawarkan biaya asuransi atau premi dengan harga yang lebih terjangkau dan adil (fair pricing) dengan memberikan reward berupa keringanan terhadap premi hingga 20% pada saat perpanjangan polis di tahun berikutnya.
"Kami ingin terus menjaga business growth seperti ini dari produk PRUWell karena kami lihat masyarakat yang memiliki asuransi kan masih sedikit penetrasinya," tuturnya.
“Di produk PRUWell ini kami berikan nasabah perlindungan menyeluruh untuk semua jenis penyakit hingga umur 99 tahun serta penghargaan berupa keringanan premi hingga 20 persen,” katanya
Adapun PRUWell memberikan diskon premi bulanan tersebut diberikan jika nasabah tidak melakukan klaim dalam jangka waktu tertentu. Selain kedua keuntungan itu, ia mengatakan bahwa produk baru tersebut juga memberikan diskon PRUWell Hemat dan PRUWell Plus Pro sebesar 5-10 persen serta pembayaran yang fleksibel dan terjangkau.
Karin menjabarkan produk PRUWell Medical dan PRUWell Medical Syariah diluncurkan untuk mendorong masyarakat senantiasa menerapkan pola hidup sehat sehingga dapat menjaga kondisi tubuh yang prima.
“Sebetulnya tidak semua nasabah itu melakukan klaim. Sekitar 85 persen nasabah kami itu tidak melakukan klaim. Jadi di produk yang baru ini kami memilih nasabah yang sehat dan tidak melakukan klaim, kami berikan reward (penghargaan) agar terus menjaga pola hidup sehat,” ujar Karin.
Untuk mendukung layanan pada produk baru tersebut, pihaknya pun terus memperluas jaringan layanan PRUPriority Hospitals. Ia menyampaikan bahwa saat layanan tersebut dirilis pada November 2023, baru terdapat sekitar 100 rumah sakit yang mendukung layanan tersebut.
Hingga Mei 2024, jumlah rumah sakit yang tergabung dalam jaringan layanan PRUPriority Hospitals pun mencapai memiliki rekanan 338 rumah sakit di 107 kota/kab. Ia menyatakan bahwa nasabah Prudential Indonesia maupun Prudential Syariah yang memanfaatkan layanan tersebut bisa mendapatkan proses persetujuan klaim yang lebih cepat dengan perkiraan biaya yang transparan.
“Di rumah sakit dalam jaringan PRUPriority Hospitals ini, kami langsung verifikasi kondisi nasabah dan treatment (perawatan) yang akan diambil di awal saat nasabah masuk ke rumah sakit, sehingga memudahkan pada saat proses kepulangan,” ucap Karin. (*)