BCA (BBCA) Catatkan Penjualan UMKM Capai Rp3,95 Miliar di UMKM Fest
PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA mencatat total nilai penjualan pada UMKM Fest 2024 sebesar Rp3,95 miliar atau naik 24% secara tahunan, dengan jumlah transaksi sebanyak 18.841, tumbuh 39% dibanding tahun lalu. Perhelatan UMKM Fest online mencatat nilai transaksi sebesar Rp13,14 miliar, dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 68.000.
EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, antusiasme pengunjung yang luar biasa di BCA UMKM Fest 2024, ditambah dengan berbagai promo dari BCA, mendorong jumlah transaksi yang melampaui ekspektasi. "Capaian ini adalah bukti nyata kuatnya daya tarik produk lokal, dan besarnya potensi pelaku UMKM untuk bersaing di pasar. Kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan keragaman produk yang ditawarkan UMKM patut kita jaga dan menjadi pendorong untuk terus berkembang," ujar Hera seperti ditulis swa.co.id di Jakarta, Kamis (26/9/2024).
Ada tiga kategori produk yang paling diminati pengunjung UMKM Fest 2024, yakni makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, serta fesyen. Dari event offline, QRIS menjadi pilihan utama metode pembayaran yang digunakan pengunjung, frekuensi penggunaannya mencapai 62% dari total transaksi.
Secara keseluruhan, BCA UMKM Fest 2024 diramaikan 1.753 tenant yang merupakan pelaku UMKM dan pengusaha produk lokal di bawah asuhan BCA Bangga Lokal. Acara ini juga diselenggarakan di 49 Kantor Cabang Utama (KCU) BCA di berbagai daerah. BCA juga secara khusus menghadirkan booth Bakti BCA yang menjajakan berbagai produk karya desa-desa binaan perseroan di berbagai daerah.
Dalam pelaksanaan BCA UMKM Fest 2024 online, BCA menggandeng Grab Indonesia untuk mempromosikan produk kuliner, dan Blibli.com sebagai mitra penjual produk fesyen, kesehatan, kecantikan, dan lainnya. Kolaborasi ini bertujuan untuk semakin memperluas pasar pelaku UMKM, dan mendorong mereka agar lebih memanfaatkan teknologi serta meningkatkan visibilitas produk.
BCA UMKM Fest merupakan satu dari sekian program perseroan dalam mendukung pengembangan UMKM. Hingga Juni 2024, BCA telah menyalurkan kredit kepada sektor UMKM sebesar Rp121 triliun, dengan pertumbuhan mencapai 10,3% secara tahunan. BCA optimistis dukungan kepada pelaku UMKM dapat meningkatkan daya saing UMKM sekaligus berpartisipasi aktif dalam membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. “Kami berharap acara ini bisa menjadi platform bagi para pelaku usaha untuk memperluas pasar, meningkatkan penjualan, memperkuat daya saing dan inisiatif ini dapat menjadi dorongan bagi UMKM untuk terus mengembangkan sayap bisnisnya.” tutur Hera. (*)