Startup Kata.ai Gandeng Kanari AI untuk Perluas Jangkauan Bisnis hingga Timur Tengah dan ASEAN
Kata.ai, startup penyedia layanan kecerdasan buatan berbasis chatbot asal Indonesia, menjalin kerja sama dengan Kanari AI, startup penyedia layanan AI asal Qatar. Kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat solusi layanan percakapan berbasis AI di Timur Tengah dan Asia Tenggara.Kemitraan antara dua pihak ini memungkinkan Kata.ai untuk mendukung solusi AI multibahasa yang ada di Kanari AI.
CEO dan Co-Founder Kata.ai, Irzan Raditya mengatakan pihaknya antusias menyambut kemitraan strategis dengan Kanari AI.
“Pasar teknologi pengenalan suara di Asia Tenggara sedang berkembang dan keahlian Kanari AI di teknologi tersebut menawarkan pengalaman suara yang luar biasa dalam bahasa lokal kami,” kata Irzan dalam keterangan resmi yang dikutip dari Business Wirepada Kamis (26/9/2024).
Sementara itu, CEO dan Co-Founder Kanari AI Ryan Carmichael mengatakan, kemitraan strategis ini penting bagi perusahaan untuk menyediakan layanan lebih baik kepada pelanggan di Timur Tengah.
“Kami melihat adanya permintaan yang terus meningkat dari para pelanggan kami untuk solusi AI percakapan multimodal,” jelas Carmichael.
Kata.ai didirikan sejak tahun 2015 dengan nama YesBoss, sebuah layanan asisten virtual melalui SMS dan aplikasi mobile. Kemudian, perusahaan ini beralih ke segmen B2B dan berganti nama menjadi Kata.ai pada 2016.
Perusahaan yang berfokus pada teknologi natural language processing (NLP) dan conversational commerce tersebut terakhir kali menerima pendanaan seri B dengan nilai yang tidak diungkapkan dari MDI Ventures dan Trans-Pacific Technology pada November 2020.
Kanari AI didirikan sejak tahun 2020, yang berfokus pada teknologi pengenalan suara, text-to-speech, dan teknologi NLP Bahasa Arab di kawasan Timur Tengah. Perusahaan ini terakhir kali menerima pendanaan pre seed dari dari Qatar Sciences & Technology Park sebesar US$475.000 (Rp6,79 miliar, kurs US$1 = Rp14.306) pada Agustus 2021.
Adapun layanan yang disediakan dari kerja sama ini antara lain:
- Fitur pengenalan suara lebih canggih (speech recognition), teknologi pengenalan suara dari Kanari AI tersedia dari bahasa Urdu, Inggris, Hindi, dan selanjutnya Bahasa Indonesia.
- Integrasi yang mulus dalam platform chatbot di Kata.ai, sehingga pengguna dapat mengaktifkan layanan chatbot berbasis AI generatif di berbagai aplikasi pesan instan, termasuk Whatsapp, pesan Instagram, dan Facebook Messanger.
- Memperkuat interaksi pelanggan berkat fitur pengenalan suara dengan tampilan chatbot yang intuitif. Hasilnya, interaksi pelanggan di teks atau suara menjadi lebih dinamis.