Bisnis Minuman Uma Oma Padukan Citarasa Tradisonal Berkonsep Modern
Merayakan ulang tahun pertamanya, Uma Oma menghadirkan inovasi yang menggabungkan tradisi dan modernitas dalam bentuk tujuh produk minuman baru berbahan dasar rempah-rempah Nusantara. Inovasi ini menegaskan komitmen Uma Oma dalam melestarikan warisan budaya sekaligus memenuhi selera generasi muda.
Minuman Uma Oma menjadi pelopor dalam memperkenalkan citarasa tradisional yang dikemas dengan konsep modern. Berangkat dari filosofi “Rumah Nenek,” Uma Oma merilis produk minuman baru bernama Racikan Oma. Menggunakan rempah-rempah seperti jahe, serai, kayu manis, cengkeh, kapulaga, hingga pandan, minuman ini menawarkan sensasi kesegaran yang tak hanya enak, tetapi juga menyehatkan. "Peluncuran minuman Racikan Oma adalah upaya kami untuk menciptakan kembali rasa nyaman seperti saat di rumah nenek," kata Juna, Pendiri Uma Oma, pada siaran pers yang dikutip swa.co.id di Jakarta, (1/10/2024).
Guna memberi pilihan minuman sehat yang banyak, Uma Oma berkolaborasi dengan Muhammad Aga, juara Indonesia Barista Championship 2018. Kolaborasi ini melahirkan tujuh varian minuman, yaitu Kopi Warisan Keluarga, Bumi Kawa, Teh Nusantara, Sari Tradisional, Pesona Harmoni, Ramuan Oma dan Sari Rempah Nusantara. Dengan pendekatan modern melalui Bar Takeover, Uma Oma tidak hanya melestarikan, tetapi juga memodernisasi minuman tradisional, sehingga cocok untuk dinikmati oleh generasi muda yang lebih energik dan aktif.
Uma Oma juga berkontribusi dalam melestarikan budaya Nusantara. Penggunaan rempah dalam peluncuran produk minuman baru Uma Oma merupakan upaya untuk mempertahankan tradisi turun-temurun yang telah lama ada di Indonesia. Ini adalah salah satu cara Uma Oma untuk menjaga warisan budaya tersebut tetap hidup dan relevan. “Dengan inovasi ini, kami berharap minuman berbasis rempah-rempah bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehat di kalangan generasi muda,” ujar Juna.
Selama satu tahun beroperasi, Uma Oma telah mencapai sejumlah keberhasilan, termasuk program pemberdayaan lansia. Dalam program ini, Uma Oma mempekerjakan para lansia (oma) untuk menyambut pelanggan, memberikan pengalaman hangat dan autentik serasa di rumah nenek. Program ini disambut positif oleh publik dan membantu menjaga lansia tetap sehat dan aktif. Program tersebut lantas secara alamiah menciptakan lingkungan kerja lintas generasi yang mengedepankan nilai-nilai kekeluargaan dan profesionalisme.
Menandai satu tahun perjalanan, Uma Oma berkomitmen untuk terus mempertahankan kualitas produk dan pelayanan, serta melanjutkan inovasi berbasis warisan budaya. "Kami akan terus menghadirkan pengalaman terbaik bagi cucu kesayangan Oma melalui keautentikan produk yang kami tawarkan," Juna menegaskan.
Dengan penekanan pada inovasi, budaya, dan kolaborasi, Uma Oma memastikan minuman tradisional Indonesia tetap relevan di era modern, menjadikannya fenomenal di tengah tren gaya hidup masa kini. (*)