Brand Fesyen Indonesia Mejeng di Moscow Fashion Week
Moscow Fashion Week merangkul generasi baru dari Asia, semisal Indonesia, Tiongkok, dan India. Pekan fesyen yang digelar pada 4-9 Oktober 2024 menyajikan karya-karya dan brand fashion dari 120 desainer. Raegitazoro, misalnya, adalah jenama fesyen dari Indonsia yang unjuk kebolehan di Moscow Fashion Week.
Raegita Oktora, sang pendiri Raegiazoro, menyampaikan sustainability merupakan isu yang sangat penting dan menjadi perhatian kita semua sebagai manusia, dimanapun kita berada. Koleksi yang dihadirkan merupakan contoh nyata dari upaya untuk menjaga kondisi dunia yang semakin menurun akibat kebiasaan buruk, dengan cara mengurangi limbah fesyen. "Melalui partisipasi di Moscow Fashion Week, kami yakin brand Raegitazoro akan semakin dikenal di Rusia dan industri fesyen global,” ujar Raegita dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (4/10/2024)
Raegitazoro yang berdiri pada 2014 itu menonjolkan koleksi pakaian ready-to-wear yang futuristik dan berani, dengan sentuhan warna-warna neon yang khas. Jenama ini telah mendapatkan pengakuan di Indonesia dan secara internasional di Tiongkok dan Uni Emirat Arab. Kini, sang perancang ingin memperluas jangkauan globalnya dan melanjutkan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan tampil di Moscow Fashion Week.
Desainer Rusia juga turut bergabung dengan gerakan global menuju mode yang sustainable dan bertanggung jawab. Salah satu contohnya adalah /DAS/, sebuah merek muda yang berspesialisasi dalam daur ulang. Mereka berkomitmen untuk zero-waste production, menunjukkan bagaimana menggunakan kembali pakaian lama membuka berbagai kemungkinan kreatif.
Merek lain, 'RISHI, mendorong batas-batas dengan pakaian berteknologi canggih yang dibuat dari bahan daur ulang. RISHI tidak hanya berkelanjutan; mereka membuat fashion menjadi nyaman dan bermakna. Sedangkan BEENA, sebuah merek yang memadukan beragam budaya, merangkul daur ulang, menghembuskan kehidupan baru ke dalam pakaian lama dan mendorong reinterpretasi kreatif dan desain yang unik.
Komitmen terhadap keberlanjutan ini akan menjadi topik utama dalam BRICS+ Fashion Summit mendatang, yang diselenggarakan bersamaan dengan Moscow Fashion Week pada tanggal 3 hingga 5 Oktober. Acara akbar ini akan mempertemukan lebih dari 100 negara untuk membahas isu-isu industri yang mendesak dan juga mencari solusinya. (*)