Strategy

Sokong Promosi Produk Ekspor, Kemendag Punya 4 Program

Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 di Indonesia Convention Exhibiton (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang pada 9-12 Oktober 2024 mengusung tema Build Strong Connection with the Best of Indonesia untuk mempromosikan produk ekspor Indonesia. Upaya tersebut tersaji pada empat program, yakni ASEAN Sustainability Conference, seminar dan forum bisnis, business counselling hingga business matching.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Mardyana Listyowati, menjelaskan program business matching memfasilitasi para peserta TEI bertemu dengan buyers tatkala pameran berlangsung. “Tercatat pendaftaran business matching sebanyak 155 permintaan dari 117 calon buyers yang berasal dari 14 negara per September 2024,” ungkapnya dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (14/10/2024).

Pada program TEI itu mengundang para tokoh terkemuka untuk saling berdiskusi mewujudkan ASEAN lebih inovatif dan berkelanjutan. Tema diskusinya adalah Net Zero Transitions, Sustainable Electric Vehicle,Circular Economy, dan Fair Trade and Global Supply Chain.

Sedangkan program seminar dan forum bisnis, tujuannya untuk berbagai pengalaman tentang praktik bisnis berkelanjutan di ASEAN, promosi produk berkelanjutan hingga pendatangan investasi untuk aspek keberlanjutan. Maka tak heran jika para Sejumlah perwakilan RI di luar negeri,kementerian, praktisi, dan pelaku usaha asing akan mengisi seminar dan forum bisnis yang berlangsung selama pameran diadakan.

Kemudian program business counselling akan memudahkan para peserta TEI berbagai informasi seputar adaptasi produk, buyers hingga regulasi impor di sejumlah negara. Sesi konsultasi pun terbagi menjadi lima wilayah, pasar ASEAN dan Asia (non-ASEAN), pasar Asia Timur dan Australia, pasar Amerika Utara dan Amerika Latin, pasar Eropa, serta pasar Timur Tengah Afrika,dan Eropa Timur. Rencananya, Business counselling berlangsung pada 11 Oktober 2024. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved