Kereta Eksekutif Melayani 9,4 Juta Penumpang di Kuartal III, Naik 5,72%
PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada kuartal ketiga tahun ini mencatat peningkatan jumlah volume penumpang pada layanan Kereta Api (KA) Kelas Eksekutif sebanyak 9.432.458 penumpang, naik sebesar 5,72% dibandingkan tahun 2023 periode yang sama di 2023 sebanyak 8.921.907 penumpang.
Anne Purba, VP Public Relation KAI, mengatakan layanan KA kelas Eksekutif menjadi pilihan masyarakat yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam perjalanan. KAI terus berinovasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan berupaya melakukan peningkatan pelayanan pada seluruh layanan sebagai wujud komitmen KAI dalam mendengarkan kebutuhan dan masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan customer experience. Sehingga tetap relevan dan adaptif dengan perkembangan zaman dan profil pelanggan,” kata Anne di Jakarta, Jumat (11/10/2024).
Untuk meningkatkan layanan, KAI berinovasi menyediakan layanan Kereta eksekutif New Generation yang terangkai pada KA Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan pp) sejak 13 Desember 2023, KA Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan pp) sejak 18 Desember 2023, KA Taksaka (Gambir – Yogyakarta pp) sejak 18 Januari 2024, KA Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasarturi pp) mulai 29 Maret 2024, KA Lodaya (Bandung - Solo Balapan pp) sejak 1 Mei 2024. "KAI akan terus meningkatkan kenyamanan kereta api. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu,” tutur Anne.
Berikut 5 Daftar KA dengan volume tertinggi di kuartal III/2024:
- KA 167- Joglosemarkerto (309.456 penumpang).
- KA 220-Kertajaya (279.203 penumpang).
- KA 233-Matarmaja (278.638 penumpang).
- KA 217-Jayakarta (275.942 penumpang).
- KA 212 -Logawa (261.707 penumpang).