Brembo Akuisisi Öhlins Racing Senilai US$405 Juta

Produk Rem Brembo (Foto: motor1.com)

Brembo, produsen rem ikonik asal Italia mengakuisisi Öhlins Racing dari perusahaan induknya, Tenneco, senilai US$405 juta. Akuisisi Ini menjadi langkah akuisisi terbesar dalam sejarah Brembo.

Kesepakatan ini akan memperkuat posisi Brembo di pasar otomotif performa tinggi. Öhlins Racing terkenal dengan komponen dan suspensi berkinerja tinggi untuk mobil dan sepeda motor, baik untuk penggunaan di jalan raya maupun balapan.

Berbasis di Stockholm dan didirikan pada 1976, perusahaan ini memiliki dua fasilitas produksi di Swedia dan Thailand, serta dua pusat riset dan pengembangan di lokasi yang sama. Öhlins juga memiliki empat fasilitas distribusi dan pengujian di Swedia, Thailand, Jerman, dan Amerika Serikat, dengan sekitar 500 karyawan.

CEO Öhlins Racing, Tom Wittenschlaeger, mengatakan, “Kami sangat antusias bergabung dengan Brembo untuk membuka peluang pertumbuhan baru dan memanfaatkan kekuatan serta aset masing-masing guna mendorong inovasi serta memberikan nilai lebih kepada pelanggan dan karyawan kami,” katanya seperti dikutip motor1.com

Belum jelas apakah Brembo akan melakukan perubahan signifikan terhadap tenaga kerja atau lini produk Öhlins. Namun, Brembo telah memperluas bisnisnya dalam beberapa tahun terakhir, termasuk mengakuisisi SBS Friction pada 2021 untuk menambah komponen rem sepeda motor dan ATV ke dalam portofolionya. Awal tahun ini, Brembo juga mengumumkan pembangunan fasilitas produksi baru di Thailand.

Untuk mengakuisisi tersebut kabarnya Brembo melepas 5,6% saham kepemilikannya kepada Pirelli, produsen ban terbesar di Italia. Produk Brembo dan Ohlins, sangat dikenal di dunia motor sport baik itu di kejuaraan reli dunia, MotoGP, Superbike dan lainnya.

Matteo Tiraboschi, Chairman Brembo, menambahkan, “Öhlins sangat cocok untuk Brembo. Ini adalah merek terkenal dunia dengan bisnis yang solid dan reputasi yang tak tertandingi, baik di lintasan balap maupun di jalan raya. Kami menyambut Öhlins ke dalam Grup kami sebagai peluang besar untuk memperluas penawaran kami di pasar otomotif, sekaligus melangkah lebih jauh dalam strategi kami menyediakan solusi cerdas dan terintegrasi untuk pelanggan.” (*)

# Tag