Ini Strategi TikTok Bantu Brand Perluas Pasar dan Audiens

Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia. (Dok. TikTok)

TikTok telah berkembang menjadi salah satu platform media sosial populer di dunia dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan. Berdasarkan data Statista, Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna TikTok terbesar di dunia dengan memiliki 157,6 juta pengguna per Juli 2024.

Pertumbuhan pesat ini tidak hanya menjadikan TikTok sebagai platform hiburan semata, tetapi juga sebagai alat yang efektif bagi pengiklan dan brand untuk memperluas jangkauan audiens mereka dan mendukung pertumbuhan bisnis secara lebih efisien. Melalui komunitas yang luas dan beragam serta solusi iklan inovatif, TikTok menawarkan peluang besar bagi bisnis dari berbagai skala untuk berinteraksi dengan konsumen yang relevan.

Salah satu keunggulan utama TikTok adalah kemampuannya membentuk komunitas yang terdiri dari berbagai demografi dan minat. Pengguna TikTok tidak hanya berasal dari satu kelompok umur atau latar belakang, melainkan mencakup beragam segmen masyarakat yang memiliki ketertarikan berbeda.

Sistem rekomendasi TikTok memungkinkan pengguna mendapatkan konten yang relevan dengan minat mereka, tanpa memandang popularitas konten itu sendiri. Hal ini menciptakan peluang besar bagi brand untuk menargetkan audiens spesifik berdasarkan ketertarikan mereka.

Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia menjelaskan strateginya dalam menarik perhatian pengiklan di Indonesia. “Pertama, TikTok memanfaatkan pertumbuhan pesat jumlah penggunanya, yang membentuk komunitas beragam dengan berbagai minat (interest) yang berbeda-beda sehingga brand dapat membuat konten yang beragam yang dapat disesuaikan dengan target audiens dari brand tersebut,” ujar Sitaresti kepada SWA.co.id.

Dengan memahami karakteristik komunitas ini, brand dapat membuat konten yang lebih tersegmentasi dan personal, sesuai dengan preferensi audiens yang mereka sasar. Misalnya, brand fashion dapat membuat konten khusus yang menargetkan tren tertentu di kalangan remaja, sementara brand makanan atau minuman dapat berfokus pada segmen audiens yang tertarik dengan gaya hidup sehat.

Bantu Brand Hasilkan Konten yang Relevan

TikTok juga telah mengembangkan berbagai solusi periklanan yang dirancang untuk membantu bisnis dari berbagai skala untuk menjangkau konsumen yang sudah ada serta calon konsumen potensial. Brand dapat dengan mudah menyesuaikan kampanye mereka dengan anggaran serta target pasar yang mereka tuju.

Brand di Indonesia dapat melihat perkembangan tren terkini di TikTok melalui platform TikTok One, sebuah solusi pemasaran kreatif yang memungkinkan mereka untuk menciptakan strategi kampanye yang lebih terukur dan efektif. TikTok One juga menjadi platform yang mempermudah brand dari berbagai skala untuk mengetahui jenis konten, hashtag, sound, dan kreator yang paling diminati konsumen dalam periode tertentu

Salah satu fitur dari TikTok One yang menghadirkan solusi ini adalah TikTok Creative Center. Melalui fitur ini, brand juga dapat mencari inspirasi ide campaign mereka, mulai dari keyword insights, creative insights, trends overview.

“Dengan demikian, mereka dapat menghasilkan konten kampanye yang tepat sasaran di TikTok, sehingga interaksi dengan konsumen yang dituju menjadi lebih efektif dan memungkinkan untuk nantinya mendorong minat beli mereka terhadap produk brand itu sendiri,” papar Sitaresti.

Solusi iklan full-funnel juga memungkinkan brand menjangkau konsumen baru mulai dari fase awareness hingga meningkatkan penjualan dengan strategi pemasaran yang komprehensif dan tepat sasaran.

Selain itu, brand dapat memanfaatkan Ekosistem Kreatif di TikTok dengan mengikuti tren global dan menciptakan konten yang menghibur. Lebih jauh lagi, brand dapat memanfaatkan beragam fitur di TikTok One juga yang dapat membantu dalam perencanaan kampanye, mulai dari ideation hingga produksi konten. Hal ini membuat brand dapat berkolaborasi dengan kreator untuk menciptakan konten dan iklan yang kreatif, sehingga mampu menjangkau audiens yang lebih luas.

Melalui beragam fitur yang tersedia di TikTok One, brand dapat dengan mudah berkolaborasi dengan kreator dalam proses produksi konten melalui dua fitur utama. Pertama: Branded Content with Creators, yakni fitur yang memungkinkan brand untuk berkolaborasi langsung dengan kreator pilihan mereka. Brand dapat mencari dan mengundang kreator yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan melalui fitur pencarian kreator yang canggih.

Selain itu, brand dapat menambahkan konten yang sudah ada dari kreator ke dalam kampanye mereka, memposting konten bermerek atau branded content ke akun bisnis TikTok, atau mendorong aksi pelanggan dengan menambahkan tautan dalam video yang dapat diklik.

Kedua adalah Creator Content at Scale. Fitur ini dirancang untuk brand yang ingin menghasilkan konten dalam jumlah besar dengan cepat. Dengan minimum pengeluaran iklan tertentu, brand dapat bekerja dengan hingga 30 kreator sekaligus tanpa biaya tambahan untuk kolaborasi.

Dengan semakin kompleksnya lanskap digital, berbagai strategi TikTok tersebut menawarkan pendekatan unik yang memungkinkan brand menciptakan interaksi autentik dan relevan dengan audiens mereka, berkontribusi pada peningkatan efisiensi kampanye iklan sekaligus mendukung perkembangan ekonomi kreatif yang semakin penting bagi Indonesia. (*)

# Tag