DPK Krom Bank Tumbuh Empat Kali Lipat
PT Krom Bank Indonesia Tbk (BBSI), anak perusahaan Kredivo Group yang menyediakan layanan perbankan digital menunjukkan perkembangan positif sebagai pemain baru di industri perbankan digital di Indonesia. Hingga Agustus 2024, Perseroan berhasil mencatatkan laba sebesar Rp93,22 miliar year-to-date (ytd) serta Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp2,2 triliun, naik 348% atau lebih dari empat kali lipat dibanding periode Januari 2024 sebesar Rp495,94 miliar.
Presiden Direktur Krom Bank Indonesia, Anton Hermawan, mengatakan kelangsungan bisnis perbankan terutama bank digital, bukan hanya diukur dari jumlah nasabah yang diakuisisi, melainkan dari kualitas nasabah yang dimiliki. Sehingga hal ini membantu pertumbuhan dari dana pihak ketiga (DPK) maupun penyaluran kredit. “Kami juga senantiasa berkolaborasi dengan ekosistem maupun pihak lainnya untuk menghadirkan berbagai layanan perbankan yang dapat meningkatkan loyalitas nasabah,” ujarnya.
Pertumbuhan nasabah perseroan tidak terlepas dari konsistensi inovasi dan kolaborasi dengan ekosistem digital. Beberapa inisiatif strategis yang dilakukan antara lain meluncurkan fitur QRIS pada Juli 2024 yang memberikan kemudahan nasabah dalam bertransaksi secara lebih seamless. Terbaru, perseroan menghadirkan layanan BI Fast untuk melengkapi layanan yang memudahkan nasabah dalam melakukan transfer antar bank.
Perseroan berkomitmen meningkatkan layanan dasar perbankan serta hadirkan berbagai inovasi layanan dalam memberikan customer experience (CX) yang baik untuk nasabah yang didominasi oleh generasi muda, serta menjaga likuiditas dengan menerapkan strategi menyeimbangkan modal, DPK, dan penyaluran kredit untuk mencatatkan laba perusahaan yang konsisten.
Perusahaan juga menerapkan prinsip kehati-hatian dan asas prudential dalam penyaluran kreditnya. Di saat yang bersamaan, Perusahaan telah menerapkan ISO 27001:2022 dalam memastikan keamanan transaksi dan data nasabah. Diharapkan, berbagai upaya ini dapat berperan meningkatkan kepercayaan nasabah dan mendukung keberlanjutan bisnis Perusahaan secara jangka panjang.
Lebih lanjut, dengan berbagai fleksibilitas dan kenyamanan layanan yang ditawarkan, Perusahaan mendukung pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. “Tujuan kami tidak hanya mencatatkan kinerja baik, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan mengusung value proposition Grow Your Money, kami mendorong masyarakat mewujudkan kemandirian finansial dengan konsisten menabung," kata Anton. (*)