Gandeng BNI, Bluebird Sediakan Pembayaran QRIS
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dan PT Blue Bird Tbk (BIRD) mengumumkan kolaborasi dalam implementasi sistem pembayaran digital QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di lebih dari 17.500 armada Bluebird, Selasa (15/10/2024). Kerja sama ini menjadi langkah signifikan dalam memperluas adopsi pembayaran digital di sektor transportasi.
Direktur Digital and Integrated Transaction Banking BNI, Husein Paolo Kartadjoemena, mengungkapkan kerja sama ini merupakan wujud komitmen perseroan dalam mendukung transformasi digital di Indonesia, khususnya di sektor transportasi. Dengan implementasi QRIS di seluruh armada Bluebird, Perseroan berharap dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mendorong adopsi sistem pembayaran digital yang lebih luas.
"Hingga September 2024, total volume transaksi QRIS BNI secara nasional telah mengalami pertumbuhan sebesar 206,12% dibandingkan tahun sebelumnya, di mana hal ini sejalan dengan pertumbuhan signifikan pengguna aplikasi wondr by BNI sejak diluncurkan. BNI juga memberikan benefit bagi pengguna aplikasi wondr by BNI dengan memberikan promo tambahan cashback 20% jika pengguna bertransaksi di Bluebird menggunakan wondr by BNI," katanya di Jakarta, Selasa (15/10/2024).
Kerjasama BNI dengan Bluebird selain integrasi layanan QRIS dan program wondr by BNI, juga dilakukan dalam bentuk branding wondr by BNI pada taksi Bluebird dalam rangka meningkatkan awareness kepada masyarakat. Aplikasi wondr by BNI dapat digunakan untuk pembayaran atau transaksi perbankan lainnya meliputi transfer, bayar tagihan, top up e-wallet hingga investasi.
Direktur Utama BIRD, Adrianto (Andre) Djokosoetono, menjelaskan kolaborasi ini menjadi bagian untuk menjaga relevansi dengan konsumen. Kemudahan transaksi adalah bagian dari layanan mobilitas Standar Nyaman Indonesia (SNI).
"Dengan adanya QRIS BNI, Bluebird menawarkan pengalaman mobilitas yang lebih praktis pelanggan. Solusi ini merupakan bentuk adaptasi kami dengan perkembangan teknologi serta menyesuaikan perilaku konsumen yang semakin berkembang. Ini sejalan dengan salah satu pilar dalam strategi transformasi digital perusahaan, yaitu Multi-Payment," ujar Andre.
Kerja sama QRIS dan cashless payment juga akan diimplementasikan pada layanan Bluebird lain, yaitu Cititrans, yang melayani shuttle antar kota. Ini melengkapi kolaborasi antara BNI dan Bluebird sebelumnya, yaitu transformasi ekosistem cashless di internal Bluebird menggunakan layanan Cash Management dan API services, penempatan ATM CRM di beberapa pool Bluebird, serta pembukaan tabungan BNI dan TapCash bagi pengemudi Bluebird. (*)