10 Produk Indonesia Menang Desain G-Mark di Jepang
Sebanyak 10 produk meraih penghargaan tertinggi di bidang desain produk yakni Good Design Award (G-Mark) di ajang G-Mark di Jepang. Pengumuman penghargaan tersebut tersebar melalui situs resmi g-mark.org pada Rabu (16/10/2024).
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Mardyana Listyowati, mengatakan kesepuluh produk Indonesia yang meraih penghargaan G-Mark merupakan buah hasil dari Kementerian Perdagangan. Mulanya, Kemendag menerbangkan 23 produk pemenang GDI 2024 ke kompetisi GMark 2024. Kemudian dibawa lagi pada penyaringan kedua G-Mark yang diadakan di Makuhari Messe, Chiba, Jepang, pada 7—9 Agustus 2024.
Mardyana menuturkan 10 produk G-Mark akan dipajang pada pameran Good Desaign Exhibition di Midtown Roppongi, Tokyo, Jepang pada 1—5 November 2024. Pameran tersebut menampilkan lebih dari 1.500 karya pemenang G-Mark 2024 yang berasal dari negara-negara pemenang. ““Penghargaan ini mencerminkan komitmen para inovator dalam menciptakan produk-produk yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memberikan solusi nyata bagi tantangan yang kita hadapi saat ini, terutama dalam konteks keberlanjutan,” ucapnya dalam siaran pers yang dilansir swa.co.id pada Jumat (18/10/2024).
Adapun produk pemenang G-Mark 2024 delegasi Indonesia adalah M-Tex Coffee dan Kalpa dari PT Kurva Lonceng Khatulistiwa; Specimen Lab, Stone Egg, Nefoline Stoo dari Conture Concrete Lab; Digital Stadiometer dan Fundus Lens Holder; PT Astra Komponen Indonesia.
Selanjutnya ada Srasah Floor Decking, karya PT Plustik Maju Bersama; Identitas Visual Mangkunegaran X, yakni lambang Mangkunegara X karya Thinking Room; serta Kurva Series dari PT Pudak Oriental Indonesia. (*)