Marketing

Hadir di Pasar Legi, Festival Pasar Rakyat Dukung Penyangga Ekonomi Solo

Demi menghidupkan kembali pasar rakyat sebagai pusat ekonomi dan sosial masyarakat, Festival Pasar Rakyat (FPR) 2024 digelar lagi di lokasi ketiga, yaitu Pasar Legi Solo, pada 19-20 Oktober 2024. FPR 2024 digagas oleh Adira Finance, Bank Danamon, dan bermitra dengan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) sebagai upaya nyata untuk mendukung pasar rakyat dan memajukan ekonomi lokal melalui berbagai program.

Pasar Legi Solo, yang memiliki sejarah panjang sejak didirikan pada masa pemerintahan Mangkunegara I, merupakan salah satu pasar tertua dan terbesar di Solo. Setelah melalui revitalisasi pada tahun 2021, pasar ini kini tampil lebih modern dan ramah lingkungan, dilengkapi dengan fasilitas seperti pengelompokan zona pedagang, rubanah/basement untuk bongkar muat barang pedagang dan area parkir bagi pengunjung di lantai atas, serta sistem pembayaran non-tunai melalui QRIS atau dompet digital.

Meski begitu, pasar ini masih menghadapi tantangan dalam menarik jumlah pengunjung yang optimal. Survei dari Dinas Perdagangan Kota Solo, kapasitas Pasar Legi yang bisa menampung hingga 321 pedagang kios dan 2.918 pedagang los dan pelataran, belum sepenuhnya terisi. Adanya perubahan pola konsumsi masyarakat terutama setelah pandemi covid-19, maka diperlukan adanya pendekatan yang lebih interaktif dan modern untuk menarik masyarakat kembali ke pasar rakyat.

Swandajani Gunadi, Direktur Adira Finance mengatakan, melalui FPR 2024, Adira Finance dan mitranya berkomitmen untuk mendukung pengembangan pasar sebagai pusat ekonomi lokal yang dinamis dan inklusif. Perusahaan ingin menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang dan masyarakat di Solo.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mendorong masyarakat kembali ke pasar rakyat, menjadikannya pusat kegiatan sosial, ekonomi, dan budaya. Dalam semangat kebersamaan, kami turut melibatkan karyawan, untuk berpartisipasi aktif dalam FPR,” kata Swandajani dalam rilis resmi, dikutip Senin (21/10/2024).

Merci Santi Adriani selaku Syariah Funding Business Head Unit Usaha Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon Syariah) mendukung kolaborasi berkelanjutan dalam pelaksanaan Festival Pasar Rakyat (FPR) ini. Pada FPR sebelumnya, masyarakat antusias terhadap produk syariah.

“Oleh karena itu, Danamon Syariah kembali hadir untuk memberikan edukasi dan literasi haji bagi para pedagang di Pasar Legi, salah satunya melalui produk Tabungan Rencana Haji yang dapat membantu perencanaan keuangan untuk mewujudkan niat suci beribadah Haji. Tidak hanya itu, para pedagang juga berkesempatan membuka Tabungan Wadiah yang dapat mempermudah transaksi sehari-hari,” katanya.

Zurich Syariah juga turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan FPR 2024. Direktur Sales and Distribution, Auralusia Rimadiana, PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), mengungkapkan, pihaknya menyambut kolaborasi ini untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan memberikan edukasi keuangan kepada para pedagang dan pengunjung pasar mengenai pentingnya perlindungan asuransi dalam pengelolaan keuangan.

Festival ini membawa konsep Pasar Sehat, Hijau, Bersih, dan Terawat (SEJAHTERA) serta Halal dengan fokus pada beberapa program unggulan, seperti:

1. Digitalisasi dan Literasi Keuangan

Para pedagang akan diberikan pelatihan tentang pemasaran digital dan literasi keuangan untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan Whatsapp Business atau platform e-commerce untuk bertransaksi secara online. Hal ini bertujuan untuk memperluas pasar dan menarik konsumen baru yang sebelumnya belum terjangkau dengan mengikuti perilaku belanja konsumen yang baru.

2. Program Sertifikasi Halal

Sebanyak 34 pedagang pasar dipandu dan dibantu untuk mendapatkan sertifikasi halal, yang tidak hanya membantu mereka memenuhi standar kehalalan produk tetapi juga memberikan nilai tambah untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

3. Revitalisasi Fasilitas Publik

Perbaikan aksesibilitas seperti penambahan papan penunjuk arah guna memudahkan pengunjung menemukan produk yang mereka cari. Melengkapi sarana dan prasarana tempat ibadah, toilet, dustbin roda dan tempat sampah pilah, serta donasi 50 pohon dan art installation, diadakan untuk menciptakan lingkungan pasar yang nyaman, ramah lingkungan, dan menarik bagi pengunjung.

4. Promosi dan Aktivasi Pasar

Kompetisi Foto Mural dan Art Installation diadakan untuk mempromosikan Pasar Legi sebagai destinasi wisata yang menarik bagi generasi muda. Ini juga mencakup Kompetisi Video #SahabatPasarRakyat yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mempromosikan pasar melalui konten kreatif di media sosial.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved