Sukmawati Bachtiar Membesarkan Bisnis Franchise Salon, Targetkan Ekspansi ke ASEAN
Pameran industri waralaba dan lisensi yang bertajuk FLEI 23rd Edition & License The Premier Business Show Expo (FLEI) menjadi ajang yang tepat untuk memberikan peluang berbisnis dan kemitraan kepada investor maupun calon wirausahawan.
Perhelatan yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada 25 – 27 Oktober 2024 ini menyajikan beragam peluang kemitraan waralaba. Salah satu peserta pameran adalah Makaffah Salon & Bridal, yang menawarkan peluang bisnis kemitraan kepada masyarakat terutama calon investor dan calon wirausahawan.
Sukmawati Bachtiar, sang founder Makaffah Salon & Bridal, mengatakan industri kecantikan di Indonesia terus berkembang pesat karena ditopang tren masyarakat yang peduli terhadap penampilan dan kesehatan rambut serta kulit.
Salah satu cara yang populer untuk terjun ke dalam industri ini adalah melalui bisnis franchise salon. Brand yang sudah dikenal dan sistem manajemen yang mapan itu menyokong pertumbuhan bisnis franchise salon lantaran menawarkan peluang yang menarik kepada investor.
Oleh karenanya, Sukmawati menawarkan paket franchise. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari Paket Platinum dengan harga Rp650 juta (diskon menjadi Rp525 juta ) dan Paket Diamond seharga Rp525 juta (diskon menjadi Rp450 juta).
Saat ini, Makaffah Salon and Bridal telah memiliki tiga cabang di Jawa Barat, yaitu dua di Bandung dan satu di Cimahi. Makaffah Salon and Bridal ini di bawah naungan Makaffah Group yang panji bisnisnya bernama CV Young Enterprise Indonesia.
Lini bisnis yang dimiliki Young Enterprise Indonesia itu antara lain Makaffah Signature yang menyediakan sewa jas /kebaya wisuda, Makaffah Daily yang menjual daily outfit , dan Makaffah Tour and Travel.
“Saya mendirikan bisnis ini tahun 2011, khususnya salon and bridal terinsipirasi dari nasib tenaga kerja wanita yang bekerja di Arab Saudi. Banyak dari mereka mengalami nasib yang tak baik hingga hukuman mati. Atas dasar itulah maka saya mendirikan bisnis di Cimahi agar perempuan daerah tidak lagi memiliki keinginan bekerja di luar negeri, tapi lebih berdaya mengembangkan diri untuk berusaha sendiri,” ungkap perempuan yang meraih gelar Business Administration dari Universitas Indonesia.
Dengan visi to be a leading multibusiness company in Indonesia and global, yang dapat diartikan dengan "menjadi lini bisnis terkemuka di Indonesia dan dunia" dan misi yang berfokus pada pelayanan pelanggan, harga terjangkau, pengembangan sumber daya manusia, serta ekspansi masif, Makaffah Group berkomitmen untuk memberikan solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Makaffah Salon and Bridal, Di bawah naungan CV Young Enterprise Indonesia, bertransformasi untuk menjadi penyedia layanan kecantikan dari ujung kepala sampai ujung kaki dan jasa rias serta busana pengantin. Makaffah Signature juga seringkali diminta stasiun televisi dan manajemen artis untuk menyediakan wardrobe para artis untuk tampil di layar kaca.
Dalam menghadapi pasar yang kompetitif, Sukmawati siap bertempur dengan di dukung tim yang solid dan persiapan yang matang melakukan ekspansi besar-besaran dengan menjadikan Makaffah Salon and Bridal sebagai merek bisnis waralaba dan terus memberdayakan perempuan di Indonesia, membuka lapangan kerja , dan memajukan industri kecantikan serta mode tanah air dengan menggandeng konsultan waralaba yang akan memberikan pengetahuan menyeluruh mengenai waralaba , memastikan perkembangan yang terus berkelanjutan .
“Semoga dengan peluncuran sistem franchise Makaffah Salon and Bridal semakin banyak pemberdayaan perempuan dan membawa dampak positif kepada para stakeholder di era disrupsi dan ketidakpastian ekonomi,” jelas Sukmawati. Selanjutnya, Makaffah Salon and Bridal juga menargetkan dalam sepuluh tahun ke depan untuk menjadi merek nasional di Indonesia sehingga setelah itu mampu ekspansi regional di ASEAN. (*)