BCA Life Tingkatkan Literasi & Inklusi Keuangan dan Asuransi untuk Para Perempuan dan Ibu Rumah Tangga

BCA Life memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan dan memperluas program edukasi yang komprehensif mengenai pentingnya literasi dan inklusi keuangan dan asuransi. (Foto: BCA Life).

Dalam rangka puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), anak perusahaan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar aktivitas literasi keuangan dan asuransi bagi masyarakat umum di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Sukawati Lubis, Direktur Kepatuhan & Chief Compliance Officer (CCO) BCA Life, menuturkan sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), BCA Life memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan dan memperluas program edukasi yang komprehensif mengenai pentingnya literasi dan inklusi keuangan dan asuransi.

Sukawati menambahkan BCA Life berkomitmen untuk memberikan pengetahuan yang dibutuhkan masyarakat, khususnya para perempuan dan ibu rumah tangga agar semakin memahami pentingnya perencanaan keuangan dan melindungi keluarga secara lebih baik.

Dengan me-refresh pemahaman untuk pengelolaan keuangan dan manfaat perlindungan asuransi, BCA Life berharap mereka dapat mengambil langkah proaktif dalam menjaga & proteksi keuangan keluarga di masa depan.

“Literasi & inklusi keuangan bukan hanya tentang angka, tetapi juga tentang memberdayakan individu untuk membuat keputusan yang cerdas dan berkelanjutan untuk kesejahteraan mereka,” katanya.

Diakui Sukawati BCA Life melihat bahwa peran asuransi dalam perencanaan keuangan jangka panjang semakin penting, terutama dalam menghadapi berbagai risiko kehidupan yang tak terduga. Melalui kegiatan ini, BCA Life melakukan kegiatan inklusi dan memberikan literasi langsung kepada masyarakat mengenai pentingnya memiliki perlindungan asuransi serta bagaimana produk asuransi dapat membantu memitigasi risiko keuangan.

Kegiatan literasi ini melibatkan berbagai segmen masyarakat, termasuk ibu rumah tangga, pelaku usaha kecil, dan generasi muda. Dengan pendekatan edukasi yang interaktif, BCA Life berharap dapat mendorong berkembangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan keuangan yang baik serta penggunaan produk keuangan yang tepat, termasuk asuransi jiwa.

Sepanjang 2024, BCA Life telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka mendukung Pemerintah mengakselerasi tingkat inklusi dan literasi keuangan yang ditargetkan mencapai

angka 90 persen pada akhir tahun 2024, diantaranya, event promosi perusahaan baik dalam bentuk kegiatan olah raga bersama, pameran, pemeriksaan kesehatan gratis dan seminar baik offline maupun online, serta melalui konten-konten di media sosial resmi perusahaan seperti video di YouTube, Instagram, hingga artikel website.

BCA Life berkomitmen untuk mendukung penuh program-program strategis yang dicanangkan oleh OJK dalam misi untuk mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional.

Berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2023 yang dirilis oleh OJK, indeks inklusi keuangan Indonesia tercatat 85,10% pada tahun 2023. Angka ini menunjukkan peningkatan yang stabil dari tahun-tahun sebelumnya, didorong oleh program-program inklusi keuangan seperti digitalisasi layanan di berbagai sektor.

Meski begitu masih terdapat beberapa tantangan salah satunya pemerataan tingkat pemahaman produk dan layanan keuangan khususnya pada segmen masyarakat prioritas seperti pelajar, nelayan, karyawan, profesional, petani dan nelayan, penyandang disabilitas, pelaku UMKM, komunitas, perempuan/Ibu Rumah Tangga (IRT), dan Masyarakat Terdepan, Terluar, Tertinggal. (*)

# Tag