Jurus Prudential Menggaet Calon Nasabah dari Generasi Z di Era Insurtech

(tengah) Chief Customer and Marketing Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen di acara NextGen Fest 2024 by Prudential Indonesia di Jakarta, Rabu (30/10/2024). (Foto : Nadia K. Putri/SWA).

Manajemen PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia tahun ini menyasar calon nasabah dari generasi Z. Melalui tenaga pemasar tatap muka, calon nasabah dapat berinteraksi lebih intens dengan sesamanya dan membuka peluang bisnis keagenan di kalangan generasi Z. Strategi ini diklaim masih efektif meskipun startup teknologi asuransi (insurtech) berkembang dan kini tengah menggaet berbagai perusahaan asuransi.

Chief Customer dan Marketing Prudential Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan total agen tenaga pemasar Prudential sebesar lebih dari 100 ribu orang per Juni 2024. “Jadi dari total agen Prudential Indonesia saat ini, [terdiri dari] 52% generasi milenial dan 19% generasi Z,” jelas Karin saat media gathering di acara NextGen Fest 2024 by Prudential Indonesia, Jakarta, pada Rabu (30/10/2024).

Karin menyampaikn prospek agen tenaga pemasar tetap besar meskipun startup insurtech tengah berkembang. Perusahaan melakukan riset internal untuk mengenali preferensi nasabah generasi Z untuk mengakses dan mendapatkan informasi layanan asuransi di Prudential Indonesia. “Ternyata tetap sama, inginnya bertemu tenaga pemasar. Tenaga pemasar akan terus dibutuhkan untuk beberapa tahun ke depan,” sebut Karin.

Prudential Indonesia melalui program NextGen Fest 2024 diklaim dapat menjembatani komunitas wirausaha anak muda, khususnya di generasi Z, bernama GenPRU. Program tersebut mengumpulkan lebih dari 2.000 anak muda yang akan membangun jejaring bisnis keagenan asuransi atau peluang bisnis lainnya.

Di Indonesia, pendanaan startup insurtech jumbo terakhir diperoleh Qoala sebesar US$47 juta. Pendanaan seri C itu diterima pada Maret 2024, yang dikucurkan oleh PayPal Ventures dan MassMutual Ventures. Pendanaan itu juga diikuti oleh berbagai investor lainnya seperti MUFG Innovation Partners, Omidyar Network, Flourish Ventures, Eurazeo dan AppWorks.(*)

# Tag