Entrepreneur

Didorong Naluri Keibuan dan Dukungan VC, Nyoman Anjani Kembangkan Bisnis Baby Care

Nyoman Anjani (Dok. Pribadi)

Ketika seorang ibu mencari produk perawatan kulit bayi yang aman, berkualitas, dan terjangkau, ia biasanya harus memilih antara dua opsi: produk premium atau produk dengan harga lebih rendah yang kualitasnya meragukan. Nyoman Anjani, seorang profesional yang berpengalaman di industri FMCG, merasakan sendiri dilema ini saat mengandung anak pertamanya di tahun 2021.

Didorong kegelisahan tersebut, Anjani kemudian memgembangkan Gently Indonesia, perusahaan rintisan yang membuat produk skincare untuk bayi yang mengutamakan kualitas dan keamanan kulit penggunanya, sekaligus menawarkan harga yang terjangkau.

Bagi alumni Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (lulus 2014) itu, menghadapi tantangan dan berinovasi bukanlah hal baru. Sebelum mendirikan Gently, sekitar lima tahun ia habiskan waktu kariernya di Unilever Indonesia sebagai Country Manager for Digital Transformation and Sustainability. Dengan posisinya itu, Anjani bertanggung jawab atas pengelolaan delapan pabrik, sekaligus memimpin berbagai inisiatif transformasi digital dan inisiatif keberlanjutan.

Pengalaman tersebut memberi Anjani pandangan yang mendalam mengenai bagaimana industri personal care bekerja, mulai dari pengembangan produk hingga operasionalisasi bisnis yang efisien.

Dari sisi keilmuan, pada 2019, berbekal beasiswa dari LPDP, Anjani sempat memperdalam keahliannya dengan melanjutkan studi di Jurusan Engineering & Management, Massachusetts Institute of Technology (MIT), hingga meraih gelar Master of Science (lulus 2021).

Saat mencari produk perawatan kulit untuk keperluan bayinya yang akan lahir, Anjani mendapati bahwa produk yang ada di pasaran tidak memenuhi kebutuhannya. Waktu itu, sekitar tiga tahun lalu, ia mengamati banyak bermunculan produk skincare lokal, tapi kebanyakan berfokus pada skincare untuk orang dewasa. Hanya sedikit yang ditujukan sebagai produk baby care.

Saya melihat adanya peluang, karena brand yang menawarkan produk baby care dengan harga terjangkau namun dengan kualitas premium belum banyak tersedia,” kata perempuan kelahiran Bandung tahun 1990 ini kepada SWA.

Dengan modal awal sekitar Rp 250 juta dan dukungan suami, Anjani memutuskan memulai bisnis produk perawatan kulit bayi. Ia merumuskan visinya secara jelas, yakni “Menyediakan produk dengan kualitas premium, formula lembut, dan berkhasiat, namun tetap terjangkau bagi para ibu di Indonesia.

Di perusahaan anyar ini, Anjani berperan sebagai Chief Executive Officer, yang bertanggung jawab atas fungsi-fungsi supply chain, inovasi produk, keuangan, legal, dan HR. Adapun sang suami, Ramadhan Satrio Nugroho, berperan sebagai Chief Commercial Officer, yang mengurus seluruh aspek marketing dan penjualan.

Gently menawarkan sejumlah produk untuk perawatan bayi, antara lain calming baby cream, body wash, sampo, balm, massage oil, dan skin rash cream. Produk-produk ini dijual melalui kanal e-commerce seperti Shopee dan TikTok Shop. Namun, produk Gently juga bisa didapatkan secara offline di berbagai baby shop, apotek, dan supermarket.

Mengenai strategi pemasaran, Gently memanfaatkan peran brand ambassador seperti Tasya Farasya, seorang beauty influencer, dan dr. Reisa Broto Asmoro, seorang dokter sekaligus figur publik. Kolaborasi dengan dua tokoh ini membantu Gently memperluas jangkauan audiensnya, terutama di kalangan ibu muda yang aktif mengikuti tren kesehatan dan kecantikan,” kata Anjani.

Anjani menyebutkan, strategi tersebut mendukung pertumbuhan bisnis Gently hingga sebesar 200%. Pertumbuhan tersebut didorong oleh beberapa faktor. Salah satunya, meningkatnya permintaan di kategori baby care di Indonesia, yang sejalan dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan perawatan kulit bayi.

Edukasi yang semakin meluas terkait perawatan bayi juga berperan penting dalam menguatkan posisi Gently sebagai pilihan bagi para orang tua,” katanya.

Yang tak kalah menarik, sebagai bisnis rintisan (startup), Gently juga sudah meraih seed funding senilai US$2,1 juta (Rp32,86 miliar) dari sejumlah venture capital ─ antara lain Accel yang dipimpin oleh Northstar Group. “Ke depan, saya berharap bisa membawa Gently menjadi market leader dalam kategori baby care di Indonesia,” kata Anjani optimistis. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved