Trends

Upaya Mendongkrak Brand Lokal Membangun Popularitas dan Kepuasan Konsumen di Ranah Digital

Keunggulan brand lokal ini, diperoleh melalui inovasi, kreativitas, dan keberanian untuk menjawab kebutuhan pasar. (Foto: Infobrand)

Infobrand Group menggandeng Indonesia Brand Community (IBC) menggelar Brand Indonesia Summit. Mengusung tema “Building a Strong National Brand” acara tersebut menghadirkan narasumber seperti; Prof Agus W Soehadi, Profesor Marketing dan Guru Besar Universitas Prasetya Mulya. Kemudian, Arto Soebiantoro, Brand Activist & Founder Gambaran Brand, dan Tri Raharjo, Chairman Indonesia Brand Community (IBC) & CEO TRAS N CO Indonesia.

Di tengah ketatnya persaingan pasar, merek-merek asli Indonesia menunjukkan pertumbuhan positif dan mampu bersaing secara kompetitif, bahkan dengan merek-merek multinasional di berbagai kategori produk. Selain itu, ekonomi yang menggeliat menjadi pemicu bagi merek-merek tersebut untuk memperluas peluang bisnis melalui skema franchise dan kemitraan, membuka lebih banyak cabang dengan tawaran kerjasama yang menarik bagi calon mitra.

Menurut Susilowati Ningsih, CEO Media Infobrand Group, kehadiran merek lokal yang mampu bersaing tidak hanya mencerminkan keunggulan produk, tetapi juga menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional yang semakin kuat. Keunggulan merek lokal ini diperoleh melalui inovasi, kreativitas, dan keberanian dalam menjawab kebutuhan pasar.

Susilowati mengakui bahwa merek-merek lokal berhasil membuktikan produk Indonesia memiliki daya saing tinggi, baik di pasar domestik maupun global. Ini menjadi bukti nyata bahwa merek lokal bukan sekadar alternatif, melainkan pilihan utama bagi masyarakat Indonesia.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menambahkan pihaknya telah melakukan riset untuk mengukur bagaimana merek lokal membangun popularitas dan kepuasan konsumen di ranah digital.

“Riset tersebut dilakukan melalui pendekatan digital research yang mengacu kepada tiga parameter penilaian, Digital Brand Asset Aspect, Digital Brand Awareness Aspect dan Digital Consumer Review & Rating Aspect,” katanya dalam siaran pers yang diterima swa.co.id, Senin (4/11/2024).

Beberapa merek yang berhasil mendapatkan penghargaan Brand Indonesia Excellence Award 2024 kali ini antara lain, Muscle First, Natur-E, Detoslim, Jevarine.

Sedangkan beberapa pemenang TOP Opportunity Choice Award tahun ini antara lain, Shop & Drive, Depo Air Minum Biru, Burger Bangor, Kebab Turki Baba Rafi dan lain sebagainya.

Diakui Susilowati pihaknya memberi apresiasi kepada bisnis franchise dan kemitraan yang telah berhasil membangun merek, menciptakan peluang, dan mengembangkan bisnisnya, sehingga menjadi peluang bisnis franchice dan lisensi yang berpotensi.

Penilaian TOP Opportunity Choice Index dilakukan dengan menggunakan pendekatan Desk Research. Proses penilaian dilakukan terhadap Bisnis-bisnis yang membuka peluang usaha franchise dan kemitraan di Indonesia berdasarkan 3 parameter penilaian, yaitu; Brand Popularity Aspect, Brand Interest Aspect dan Business Development Aspect. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved