Siap-Siap! BSI akan Luncurkan Super Apps Terbarunya
PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) akan meluncurkan SuperApp terbarunya, BYOND by BSI pada 9 November mendatang.
SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih mengatakan peluncuran super Apps ini merupakan komitmen BSI untuk memperkuat transformasi digital serta menjawab tantangan digitalisasi di industri perbankan.
"Kami ingin meningkatkan layanan digital kepada nasabah sehingga nanti inklusi dan penetrasi bank syariah meningkat di Indonesia," ujarnya.
Dia menjelaskan BYOND by BSI dirancang sebagai aplikasi dengan fitur lengkap, menghadirkan layanan finansial, sosial, dan spiritual dalam satu platform yang lebih user friendly dengan keamanan yang semakin terjaga. Perseroan mencatat transaksi melalui e-channel mencapai 97,94 persen dari total transaksi, dengan jumlah mencapai 607 juta transaksi yang membukukan volume Rp709 triliun per September 2024.
Di sisi lain, aplikasi layanan perbankan BSI sebelumnya, yaitu BSI Mobile yang penggunanya sudah mencapai 7,57 juta tumbuh 28,34% pada kuartal III 2024, mampu hadir sebagai sahabat sosial, spiritual, finansial. Sebab, aplikasi ini dilengkapi dengan layanan QRIS, fitur Islami seperti jadwal salat, ZISWAF, pembiayaan online, gadai dan cicil emas online, pembayaran e-commerce, hingga top up e-wallet.
“Oleh karenanya BSI merespon pertumbuhan transaksi digital yang signifikan tersebut dan menjawab kebutuhan nasabah BSI yang menginginkan kemudahan, kecepatan, keamanan dan kenyamanan layanan digital perbankan, dengan terus berinovasi menghadirkan SuperApp BYOND by BSI,” katanya.
Saat ini, jumlah downloader-nya hampir mencapai 100 ribu, yang terdiri nasabah existing dan nasabah baru. Dengan Super Apps ini, dia berharap BSI bisa menjangkau segmen yang lebih luas lagi. "Segmen sebetulnya, kami berharap bahwa segmennya lebih lebar lagi, untuk lebih muda, universal sehingga ada pertambahan nasabah baru," tuturnya.
Dia optimistis, SuperApps besutannya ini bisa bisa menjawab kebutuhan masyarakat. Pasalnya, tak hanya sekadar bisnis, namun juga menjadi sahabat sosial dan spiritual nasabah.
“Kami selalu yakin bahwa bisnis itu harus dilakukan tidak hanya untuk meraih profit, tapi juga perlu dilandasi oleh keinginan luhur untuk berkontribusi kepada masyarakat sebagai bagian dari ibadah. Oleh karena itu, BYOND by BSI kami lahirkan dengan konsep Beyond Banking sesuai dengan value proposition BSI menjadi sahabat Finansial, Sosial, dan Spiritual yang terintegrasi bagi nasabah. Kami ingin buktikan bahwa ketiga aspek tersebut bisa kita maksimalkan sekaligus tanpa ada yang tertinggal,” kata Saut.
Oleh karena itu, dalam acara tersebut Senior Vice President (SVP) Digital Banking Retail BSI, Riko Wardhana, mengatakan pihaknya tidak heran jika BYOND by BSI tetap mengusung salah satu fitur andalan yang ada di pendahulunya, yaitu “Berbagi”. Dalam fitur berbagi ini terdapat kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi sosial dan donasi seperti Ziswaf, sumbangan duka, donasi kemanusiaan, dan kegiatan sosial lainnya.
Fitur ini tentunya esensial bagi masyarakat Indonesia yang terkenal sebagai sebagai bangsa yang paling dermawan di dunia. Selain itu, ke depan aplikasi BYOND by BSI, menurut Riko, dirancang untuk bisa menjadi pintu akses nasabah ke berbagai layanan halal lifestyle. Nasabah nantinya dapat langsung melakukan transaksi terkait halal ecosystem seperti mendaftar paket haji dan umrah secara langsung serta memilih paket travel dan transaksi lainnya. (*)