Permudah Pengalaman Berbelanja, Lazada Luncurkan Fitur AI Lazzie
Platform e-commerce Lazada memperkenalkan fitur terbaru bernama AI Lazzie. Fitur tersebut merupakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk memberikan pengalaman baru belanja online bagi para pengguna atau user Lazada yang memudahkan mereka mencari produk yang diincar tanpa harus scroll ke bawah.
Head of Operation Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, menyatakan peluncuran AI Lazzie ini ditujukan juga untuk menyambut promo belanja online 11.11 pada 11 November 2024 nanti.
"Fitur-fitur GenAI terbaru Lazada dirancang dalam AI Lazzie yang bertugas menjadikan belanja online lebih personal, interaktif, dan efisien dalam membantu pelanggan 24/7," katanya saat media gathering di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2024).
Fitur AI Lazzie diklaim mampu membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai kebutuhan atau lebih spesifik, memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, riwayat belanja dan menjawab pertanyaan seputar belanja di Lazada.
Fitur AI Lazzie hadir dengan kemampuan yang lebih canggih berkat dukungan teknologi Alibaba. AI Lazzie dapat menjawab pertanyaan pembeli setiap saat yang nantinya dapat menghasilkan peningkatan konversi pesanan dan kepuasan, serta membangun loyalitas pelanggan. Selain itu, membantu para penjual untuk mendata siapa saja yang membeli di lapak mereka dan mengatahui siapa pelanggan setianya.
"Fitur GenAI terbaru kami dalam AI Lazzie, didukung teknologi penerjemah AI Alibaba, Marco MT, memungkinkan interaksi yang lebih natural layaknya berbelanja dengan asisten pribadi yang akan membantu konsumen berbelanja, termasuk dalam menyambut berbagai promo belanja online akhir tahun," tuturnya.
Selain itu, pembaruan AI ini turut memfasilitasi pelanggan untuk mendapatkan berbagai penawaran dan mengakses harga bersaing untuk produk yang diincar serta memastikan pelanggan tidak melewatkan penawaran yang Lazada sajikan, termasuk pada 11.11 diskon terbesar mendatang.
Lebih lanjut, AI Lazzie sebagai pembaruan GenAI Lazada dirancang untuk membuat konten unik dengan memanfaatkan ulasan produk, yaitu menonjolkan poin penjualan utama produk, serta memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan preferensi pelanggan.
Amel menuturkan, Lazada sendiri telah menghadirkan fitur berbasis AI sejak 2018. Sampai saat ini, performa teknologi AI dalam aplikasi belanja online tersebut semakin mengalami perkembangan. Lazada terus meningkatkan kemampuan AI dalam platform sebagai strategi jangka panjang Lazada yang mengikuti perkembangan zaman.
Berikut fitur AI Lazzie, teknologi AI generatif milik Lazada untuk pengalaman baru belanja online:
- Pesan+
Messaging tool atau alat perpesanan ini dapat memberikan respons yang sesuai dengan konteks, rekomendasi belanja yang lebih personal, akses ke voucer dan kode promo yang tersembunyi, serta paket belanja spesial sebagai penawaran terbaik.
- Model Try-On
Fitur AI ini juga mampu memberikan opsi kepada pengguna dalam memilih model virtual untuk mencari ukuran dan bentuk pakaian yang tepat. Fitur AI ini mampu memberikan rekomendasi pakaian berdasarkan ukuran.
- Deskripsi Produk Berbasis AI
Deskripsi produk yang menarik di halaman informasi produk, dirancang, dan dihasilkan sepenuhnya oleh AI secara langsung untuk menyoroti keunggulan utama produk yang sesuai dengan preferensi pengguna.
- Ulasan Cerdas Berbasis AI
Fitur yang dapat merangkum ulasan-ulasan produk secara cerdas dan menawarkan pelanggan informasi ringkas dari pembeli lainnya untuk membuat keputusan belanja lebih tepat dan cepat.
Dengan demikian, hadirnya AI Lazzie bisa menjadi asisten belanja pribadi yang aktif 24/7 bagi pembeli dan penjual. Canggihnya AI Lazzie mampu meningkatkan penjualan dan konversi yang nantinya mendorong pertumbuhan bisnis para seller di Lazada. (*)