Penjualan Global GWM di Kuartal III/2024 Sejumlah 122.700 Unit, Naik 39%
Penjualan New Energy Vehicle (NEV) Great Wall Motor Co, Ltd pada kuartal ketiga 2024 dari GWM mencapai 79.100 unit, atau meningkat 8,10% dibandingkan kuartal kedua tahun ini (quarter to quarter). Penjualan GWM ke luar pasar Tiongkok mencapai 122.700 unit atau melonjak sebesar 39,85% jika dibandingkan kuartal III di 2023. Penjualan kendaraan dengan harga di atas 200,000 Yuan atau sekitar Rp440 juta mencapai 72.000 unit, atau meningkat 8,92% dari tahun ke tahun.
"Pada kuartal ketiga ini, GWM terus berfokus pada sektor smart new energy, memperkuat keunggulan fitur off-road, memperbarui struktur produknya, dan mengupayakan ekspansi ke luar negeri yang berkualitas tinggi, dengan tegas mengejar pangsa pasar yang berkualitas," tulis manajemen GWM pada keterangan tertulis yang diterima swa.co.id di Jakarta, Senin (11/11/2024).
Dalam bidang smart new energy, SUV unggulan GWM, NOA dan WEY 07 yang merupakan lini baru dari merek WEY meraih angka penjualan yang memuaskan. Selain itu, sistem mengemudi cerdas generasi terbaru, Coffee Pilot Ultra, dan sistem ruang pintar generasi baru, Coffee OS 3, juga menerima banyak apresiasi. Chip MCU vehicle-grade RISC-V yang dikembangkan oleh GWM—Zijing M100 juga telah berhasil dipasarkan. Sementara di ranah global, GWM kian memperkaya inovasi powertrain, kategori kendaraan, dan cakupan harga, dimana penjualan unit bernilai tinggi terus meningkat.
Pada September lalu, GWM mencatat penjualan luar Tiongkok sebanyak 44.105 unit, mencetak rekor baru untuk penjualan luar Tiongkok dalam satu bulan. Di segmen off-road, HAVAL H9 generasi kedua, POER SAHAR Traverse Edition, dan 2.4T Off-Road POER telah resmi diluncurkan, menambah jajaran mobilitas baru pada portofolio produk off-road GWM.
HAVAL berada di posisi sebagai "Global SUV Expert," mengedepankan kesetaraan dan teknologi universal, dengan penjualan global kumulatif melebihi 9 juta unit. Pada kuartal ketiga, penjualan HAVAL MENGLONG 2024 mengalami peningkatan setiap bulannya. Versi klasik dari HAVAL H6 juga turut diluncurkan, mempertahankan bahasa desain klasik dan fitur-fitur unggulan menyeluruh dari generasi sebelumnya.
HAVAL H9 generasi kedua sukses melakukan debut yang kuat, menawarkan kenyamanan penumpang yang premium, kekedapan kabin, kenyamanan sasis, dan berbagai konfigurasi off-road seperti TOD (Torque on Demand) intelligent four-wheel drive dan mechanical locking, menandai era baru untuk pengalaman off-road bersama keluarga.
Pada sektor energi baru, WEY berperan sebagai pelopor GWM di pasar energi baru kelas atas, dengan fokus terus-menerus pada pengembangan teknologi terkini untuk intelligent-driving dan smart living. Pada kuartal ketiga, WEY 07 yang baru diluncurkan langsung menjadi best-seller. Pada bulan September, penjualannya mencapai 6.108 unit, dengan peningkatan year-on-year sebesar 201,48%.Pada 12 September, WEY 07 telah diproduksi sebanyak 10.000 unit.
SUV TANK, dengan moto “Off-road, On demand” bertujuan untuk membangun merek SUV off-road mewah yang premium. Pada kuartal ketiga, brand TANK mencapai tonggak sejarah berhasil mencatat penjualan kumulatif lebih dari 500.000 unit. TANK 400 versi bensin secara resmi telah diluncurkan secara global, dilengkapi dengan 2.0T Miller cycle engine dan transmisi vertikal 9AT yang dikembangkan secara internal, menghasilkan performa yang halus dan bertenaga, dengan climbing ratio yang mencapai 57,24, memenuhi kebutuhan akan kemampuan kendaraan off road.
Pada segmen lainnya, brand pickup GWM kian mempertahankan posisi penjualan nomor satu selama 26 tahun berturut-turut, dengan pangsa pasar hampir 50% di pasar domestik Tiongkok. Untuk produksi global, GWM juga telah menandatangani MOU dengan TAG Group Vietnam untuk kerjasama CKD, dan juga menandatangani MOU dengan dealer di Senegal untuk proyek KD, dengan proyek CKD di Malaysia dan kerjasama IKD di Indonesia secara resmi sudah mulai berproduksi. (*)