Strategy

KAI Gaet Generasi Z, Beri Fasilitas WiFi Gratis Hingga Buat Konten

Vice President Marketing KAI, Yoga Bhirawa. (Foto : Syifa Nur Layla/SWA).

Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mempunyai sejumlah program pemasaran baik dari sisi internal maupun sisi eksternal. Vice President Marketing KAI, Yoga Bhirawa, mengungkapkan perseroan mengadakan kompetisi menarik untuk para karyawan KAI. Nantinya, mereka akan membuat satu proposal bisnis terbaiknya untuk diseleksi. Bagi yang terpilih, KAI akan membantu mengimplementasikan proposal bisnis tersebut. “Supaya yang punya ide bagus punya ruang untuk berinovasi melalui proposal bisnisnya,” ujarnya saat ditemui swa.co.id di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Selasa (19/11/2024).

Sementara dari sisi eksternal, imbuh Yoga, KAI akan menargetkan generasi milenial dan generasi Z untuk ikut berpartisipasi pada program KAI yang seru dan mengasyikkan. Dengan begitu, para generasi muda ini tak hanya soal usia saja, tapi juga jiwa yang semangat lantaran antusias keikutsertaan yang sangat tinggi.

Yoga bercerita, salah satu program KAI berkolaborasi dengan Tiktok Indonesia untuk generasi muda: Travelling by Train. Program tersebut mengundang para konten kreator yang dibina oleh Tiktok Indonesia untuk membuat konten selama perjalanan dengan kereta KAI, di stasiun hingga tempat-tempat lainnya.

Agar bisa dekat dengan generasi Z, Yoga berusaha memfasilitasi kebutuhan mereka. “Biasanya mereka menginginkan kemudahan. Oleh karenanya kita coba provide mulai dari pembelian tiket yang mudah sejak mereka naik taksi sampai stasiun, lalu ketika di perjalanan kereta mereka ingin makan apa saja,” ucapnya.

Tak hanya soal kemudahan, KAI turut menyediakan kebutuhan anak muda lainnya yakni koneksi. Oleh karenanya, kini KAI pun menyediakan layanan Wi-Fi gratis agar selesai terkoneksi dengan ponsel pintar baik di stasiun hingga saat berada di dalam kereta api.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved