Trends

Toco Optimalkan 4.000 Jaringan Pos Indonesia untuk Pengiriman Logistik

Foto: Toco

Marketplace berbasis komunitas pertama di Indonesia, Toco menjalin kemitraan strategis dengan PT Pos Indonesia. Kerja sama tersebut meliputi pengiriman barang (logistik) yang digunakan dalam transaksi barang di Toco. Dalam hal ini merchant atau seller Toco memiliki opsi untuk menggunakan ekspedisi dari Pos Indonesia dalam mengirimkan barang kepada konsumen.

Arnold Sebastian Egg, Founder & CEO Toco, menyampaikan tujuan penandatanganan kemitraan ini guna memperkuat ekosistem logistik yang lebih efisien dan merata di seluruh Indonesia. “Pos Indonesia memiliki jangkauan terluas yang membantu para merchant kami melayani seluruh masyarakat di Indonesia. Kami juga terkesan dengan bagaimana Pos Indonesia telah berhasil bertransformasi, membuktikan bahwa mereka memiliki visi yang sama dengan Toco. Kami juga ingin menghadirkan pengalaman baru dalam e-commerce di Indonesia,” ujar Arnold pada keterangannya yang diterima swa.co.id di Jakarta, Kamis (21/11/2024).

Salah satu fokus utama dari kerja sama ini adalah memperluas jangkauan pengiriman barang dari Toco ke seluruh pelosok Indonesia. Pos Indonesia, dengan jaringan lebih dari 4.000 kantor pos yang tersebar di seluruh Tanah Air, diharapkan dapat membantu Toco dalam mendistribusikan barang kepada pembeli, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil dan sulit dijangkau oleh layanan logistik lainnya.

Arnold, pada keterangan tertulisnya itu, mengatakan kolaborasi ini dapat membantu mengatasi semua tantangan yang dihadapi merchant kami ketika mereka ingin mengirimkan produk ke pelanggan. "Dengan beragam layanan yang kami tawarkan, dukungan dari PT Pos telah membantu kami menyediakan layanan terbaik bagi para merchant agar mereka bisa memberikan pengalaman yang memukau bagi pelanggannya,” tambah Arnold.

Selain fokus pada opsi pengiriman, agar kolaborasi dengan Pos Indonesia dapat bermanfaat bagi seluruh user, maka Toco pun memiliki strategi khusus dalam memberikan pelayanannya.

“Sebagai perusahaan yang berkomitmen membantu para merchant di Indonesia dengan cara terbaik, kami berharap kemitraan ini dapat membuat perjalanan e-commerce menjadi lebih efisien. Selain tidak membebankan biaya admin kepada merchant, kini mereka juga dapat mengirimkan produk ke seluruh Indonesia. Pos Indonesia juga memungkinkan Toco untuk menyediakan layanan COD (Cash on Delivery) yang sudah lama menjadi permintaan dari para pengguna.

Harry Pratama, Senior Manager Bisnis Penjualan Ritel Pos Indonesia Regional 2 Jakarta, menyambut baik kemitraan ini dan menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung Toco dalam memberikan layanan pengiriman yang efisien dan aman. “Kerja sama ini sangat bagus dilakukan, sinergisitas dan kolaborasi antara pelaku usaha, penyedia platform dan jasa kurir, dengan tujuan memajukan para pelaku usaha ritel yang ada di Indonesia,” kata Harry. Pihaknya berharap kemitraan ini dapat menjembatani kebutuhan masing-masing pihak dan mendukung usaha pemerintah untuk memajukan perekonomian masyarakat.

Harry menambahkan bahwa banyak program, lanjutan yang akan disinergikan dalam bidang logistik ini. “Tentunya program yang menjadi core business kami serta pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang telah kami bangun untuk kebutuhan pelanggan maupun pelaku usaha,” dia menambahkan.

Ke depan, Toco dan Pos Indonesia berharap dapat menghadirkan lebih banyak inovasi dalam dunia logistik e-commerce, serta menciptakan pengalaman belanja yang lebih mudah, cepat, dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Dengan kemitraan ini, kedua pihaak membuka babak baru dalam dunia e-commerce Indonesia, yang tidak hanya mengutamakan kenyamanan konsumen, tetapi juga memperkuat sektor UMKM, menjadikannya lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di pasar digital yang semakin berkembang. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved