Teknologi dengan Sentuhan Manusia, Resep Manjur BCA Melayani Nasabah
PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA adalah bank swasta terbesar di Indonesia. Perseroan menyadari bahwa pengalaman adalah hal yang paling penting dalam menyelesaikan semua masalah. Pengalaman selama 67 tahun melayani nasabah, menjadikan BCA mengusung konsep hybrid banking untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang beragam.
Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, mengungkapkan BCA konsisten melakukan inovasi digital dan tetap mengandalkan sentuhan manusia dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada nasabah. Hera menyatakan BCA masih menambah jumlah kantor cabang pada berbagai titik di Indonesia, seperti membuka kantor cabang baru di Indonesia Timur, misalnya di Sumbawa Besar, Merauke, dan Maumere, Nusa Tenggara Timur. "Teknologi dan sentuhan manusia itu saling melengkapi satu sama lain. Kedua hal ini adalah DNA dan value dari BCA, dan selalu menjadi inti dari service excellence kami. Nilai yang dibangun di keluarga BCA itu untuk melayani nasabah," ujar Hera di World Public Relations Forum 2024 di Nusa Dua Bali, Rabu (20/11/2024).
BCA mengembangkan dua aplikasi mobile banking sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada nasabah yang beragam. Aplikasi pertama adalah BCA Mobile atau dikenal dengan mBanking BCA. Aplikasi satu lagi adalah super apps masa depan bernama myBCA. Menurut Hera, hal mendasar yang harus dilakukan jika berbisnis adalah mengenal pelanggan.
Nasabah BCA itu lintas generasi, mulai dari pelajar hingga generasi senior.BCA mengidentifikasi generasi senior lebih menggemari aplikasi BCA mobile yang sudah biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan perbankan. "Oleh karena itu, BCA memutuskan menggunakan kedua aplikasi tersebut. Nasabah yang lebih senior masih bisa menggunakan BCA mobile, sedangkan yang lebih muda memilih menggunakan my BCA," ucapnya. (*)