5 Produk Paling Dicari di Tokopedia dan ShopTokopedia
Sepanjang kuartal III 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat kategori kecantikan dan perawatan tubuh, makanan dan minuman, fesyen, rumah tangga dan elektronik, merupakan beberapa kategori yang paling laris di kedua platform. Tokopedia dan ShopTokopedia konsisten menghadirkan berbagai inisiatif untuk mendukung puluhan juta pelaku usaha, termasuk UMKM lokal meliputi kampanye Beli Lokal, Promo Guncang, Tokopedia NYAM!, Selasa Bergaya, Semua Jadi Syantik dan masih banyak lagi.
Menjelang akhir tahun, Tokopedia dan ShopTokopedia melihat momen ini sebagai peluang yang berpotensi mendatangkan keuntungan bagi UMKM dari berbagai sektor, seperti kuliner, kecantikan dan perawatan tubuh, fesyen, hingga elektronik. “Hal ini diperkuat dengan data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa menjelang akhir tahun, deretan produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia adalah sepatu sneakers, parfum, smartphone, dan minyak,” ungkap Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Rizky Juanita Azuz, Sabtu (23/112024).
Produk-produk yang banyak dicari di kedua platform di antaranya
1. Produk makeup waterproof
Data pemerintah (IKMA Kemenperin) menyatakan, pasar kosmetik di Indonesia saat ini berada dalam kondisi ekspansif dan pertumbuhan sektor industri kosmetik diperkirakan akan terus berlanjut hingga 2028. Selain itu, pemerintah memperkirakan bahwa dalam kurun waktu 2024-2028, industri kosmetik di Indonesia berpotensi mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 5,35% per tahun.
Di Tokopedia, sejumlah produk pada kategori kecantikan dan perawatan tubuh mengalami kenaikan pencarian yang signifikan belakangan ini (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan dengan 1 September-10 November 2023), beberapa produk antara lain blush yang meningkat hampir 15 kali lipat, lip cream lebih dari 14,5 kali lipat, dan sabun cuci tangan hampir 11 kali lipat. Sementara itu, di ShopTokopedia, foundation serta maskara yang tahan air mengalami kenaikan penjualan yang signifikan selama periode 2 bulan ke belakang.
“Melihat data tersebut, pelaku usaha yang ingin mulai berjualan bisa mencoba menjual produk makeup anti air (waterproof), seperti blush, lip cream dan maskara, yang awet di musim hujan. UMKM bisa memanfaatkan fitur Live Streaming di ShopTokopedia agar bisa menarik lebih banyak calon pembeli dengan mengandalkan host yang interaktif,” saran Rizky.
2. Camilan berkuah dan minuman hangat
Saat musim hujan, camilan berkuah khas Indonesia, seperti bakso, seblak, dan tekwan yang menghangatkan badan bisa menjadi ide berjualan. Tidak hanya itu, minuman panas seperti teh, cokelat hingga kopi juga lagi digandrungi masyarakat selama tiga bulan belakangan ini.
“Di Tokopedia, jumlah pencarian beberapa produk pada kategori makanan dan minuman mengalami peningkatan selama 2 bulan ke belakang (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan 1 September-10 November 2023). Sebagai contoh, jumlah pencarian daun teh meningkat hampir 20 kali lipat, minuman coklat lebih dari 16,5 kali lipat, dan biji kopi hampir 14 kali lipat,” tutur Rizky.
3. Cardigan yang hangat dan stylish
Pada Fesyen Perempuan, pencarian terhadap produk kardigan meningkat lebih dari 6,5 kali lipat, celana kulot hampir 6 kali lipat, dan kemeja perempuan lebih dari 5,5 kali lipat. Di kategori fesyen pria, jumlah pencarian terhadap celana tidur pria naik hampir 6 kali lipat, sandal hampir 5 kali lipat, dan kemeja batik lebih dari 4 kali lipat. Untuk Fesyen Muslim, pasmina mencatat kenaikan hampir 8 kali lipat, hijab instan lebih dari 5,5 kali lipat, dan jilbab olahraga hampir 5 kali lipat.
“Kardigan yang menghangatkan tubuh di musim hujan sekaligus menunjang penampilan bisa menjadi ide jualan online jelang akhir tahun. Selain itu, jilbab olahraga yang kerap dicari masyarakat belakangan ini juga bisa menjadi ide jualan online yang cocok bagi UMKM produsen fesyen muslim yang ingin melakukan inovasi produk,” ujar Rizky.
4. Produk rumah tangga untuk hari raya
Momen Natal dan Tahun Baru biasanya menjadi momen bagi masyarakat Indonesia untuk menata ulang rumah, seperti mengganti perabot dan membeli berbagai perlengkapan rumah tangga. Hal ini bisa menjadi ide jualan jelang akhir tahun melalui platform Tokopedia dan ShopTokopedia, termasuk memanfaatkan kampanye Beli Lokal.
“Di Tokopedia, sejumlah produk kategori Rumah Tangga mengalami kenaikan tertinggi jumlah pencarian selama 2 bulan terakhir (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan 1 September-10 November 2023), yaitu rak piring yang melonjak lebih dari 11 kali lipat, tempat penyimpanan multifungsi yang naik lebih dari 7 kali lipat, dan botol minum lebih dari 5 kali lipat,” kata Rizky.
5. Barang elektronik
Barang elektronik bisa menjadi pilihan tepat untuk berjualan menjelang akhir tahun. Menurut riset Consumer Report Indonesia 2024, masyarakat Indonesia baik dari kalangan muda maupun lanjut usia, cenderung mempertimbangkan untuk membeli produk elektronik, seperti smartphone, laptop, dan smartwatch. Hal ini dipengaruhi oleh kecenderungan untuk ingin tetap mengikuti perkembangan teknologi yang selaras dengan gaya hidup modern.
“Keinginan masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan produk elektronik juga tercermin dalam data internal kami. Di Tokopedia, sejumlah produk kategori Elektronik menunjukkan peningkatan pencarian yang signifikan selama 2 bulan terakhir (periode 1 September-10 November 2024 dibandingkan 1 September-10 November 2023). Misalnya, pencarian produk smartwatch meningkat hampir 5 kali lipat, pencarian lampu meja naik lebih dari 11 kali lipat, dan self ringlight meningkat lebih dari 5 kali lipat,” jelas Rizky.