50 Tahun Isuzu Menemani Perjalanan Bisnis dan Ekonomi Indonesia dengan Kendaraan Berkualitas
Setengah abad adalah waktu yang panjang untuk sebuah perjalanan bisnis. Namun, bagi Isuzu Indonesia, 50 tahun adalah awal dari komitmen yang lebih besar untuk terus menjadi mitra setia masyarakat dan pelaku bisnis di Indonesia. Dari tahun 1974 hingga sekarang, Isuzu telah bertransformasi menjadi pemimpin di segmen kendaraan komersial, menghadirkan produk berkualitas yang mendukung roda ekonomi bangsa.
Dalam perayaan 50 tahun keberadaannya, Isuzu menegaskan kembali peran pentingnya melalui konvoi spektakuler 50 kendaraan yang melintasi berbagai kota di Indonesia. Momen ini bukan hanya selebrasi, tetapi juga refleksi dari perjalanan panjang Isuzu dalam mendampingi pertumbuhan usaha, baik kecil maupun besar, di seluruh penjuru negeri.
Yusak Kristian, Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), menceritakan tonggak sejarah penting Isuzu sejak memulai operasinya di Indonesia. Pada tahun 2008, Isuzu mengambil langkah besar dengan fokus penuh pada kendaraan komersial. Keputusan ini menjadi titik balik yang membawa perusahaan ke tingkat pertumbuhan baru. “Kami tidak hanya meningkatkan kapasitas produksi, tetapi juga menambah varian produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin beragam. Mulai dari Isuzu Elf, Traga, hingga Giga, semua dirancang untuk menjadi solusi andal bagi pelaku bisnis di berbagai sektor,” ungkap Yusak.
Keberhasilan Isuzu tidak hanya diukur dari jumlah kendaraan yang terjual, tetapi juga dari dampak positif yang dihasilkan untuk perekonomian lokal. Isuzu menggandeng pemasok lokal tidak hanya di level tier 1, tetapi juga tier 2. Saat ini, lebih dari 2.000 pemasok lokal menjadi bagian dari ekosistem Isuzu, menciptakan peluang ekonomi baru dan mendorong pertumbuhan industri pendukung.
Melalui pelatihan intensif, Isuzu mencetak mekanik-mekanik andal untuk memastikan kualitas layanan purna jual. Tidak hanya itu, pelatihan untuk pengemudi kendaraan niaga juga dilakukan untuk mendukung performa operasional pelanggan.
Salah satu produk unggulan Isuzu, adalah Isuzu Traga, kendaraan niaga yang dihasilkan dari riset konsumen akan sebuah mobil niaga yang kuat Tangguh dan harga kompetitif. Mobil ini lahir dari hasil riset lokal dan menjadi solusi bagi pelaku UMKM. Dengan keandalan dan efisiensi operasionalnya, Traga telah membantu usaha kecil dan menengah tumbuh lebih cepat. “Traga bisa dipakai sebagai kendaraan multi fungsi,” tambah Yusak.
Tema #50TahunMenemani menjadi simbol komitmen Isuzu untuk terus hadir di setiap perjalanan pelanggan. Menurut Rian Erlangga, Division Head of Business Strategy IAMI, perayaan 50 tahun ini tidak hanya untuk merayakan eksistensi perusahaan, tetapi juga mengapresiasi dukungan dari pelanggan dan mitra media yang telah menjadi bagian dari perjalanan ini. “Kami telah melakukan customer gathering di 50 kota dan menggelar konvoi 50 kendaraan yang terdiri dari berbagai model andalan, seperti Giga, Elf, Traga, MUX, hingga D-Max. Semua ini menunjukkan bahwa Isuzu selalu hadir di jalan untuk menemani perjalanan masyarakat Indonesia,” kata Rian.
Isuzu kini memegang 30,6% pangsa pasar kendaraan komersial di Indonesia, naik 3% disbanding tahun lalu, dan ini sebuah capaian besar yang mencerminkan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan layanan Isuzu.
Sebagai bagian dari komitmennya terhadap keberlanjutan, Isuzu juga tengah mempersiapkan kendaraan listrik. “Kami telah mengembangkan model kendaraan listrik, tetapi implementasinya masih menunggu kesiapan infrastruktur dan skala ekonomi di Indonesia,” ujar Yusak.
Selain fokus pada produk, Isuzu juga berkomitmen untuk memperkuat layanan purna jual. Hal ini sejalan dengan tujuan jangka panjang Isuzu untuk tidak hanya menjadi ATPM, tetapi juga mitra strategis di seluruh ekosistem otomotif Indonesia.
Melihat ke masa depan, Isuzu bertekad untuk terus hadir secara signifikan di setiap segmen pasar. Dengan ribuan tenaga kerja, jaringan pemasok yang luas, dan inovasi berkelanjutan, Isuzu optimis dapat memberikan kontribusi lebih besar lagi dalam mendukung perekonomian Indonesia.
“Kami ingin memastikan bahwa setiap segmen pasar dapat kami layani dengan baik. Kami berkomitmen untuk hadir lebih kuat di masa depan, terus mendampingi perjalanan masyarakat dan bisnis Indonesia,” tutur Yusak.
Di awali dengan konvoi 50 produk Isuzu, yang terdiri dari 4 unit Truk Giga, 21 Isuzu Elf, 12 Unit Isuzu Traga, 12 unit Isuzu MUX SUV dan 1 unit Isuzu DMAX. %0 unit mobil Isuzu ini menandai kiprah produsen tersebut di Indonesia. Mobil ini berkonvoi menuju Waduk Pluit dan juga melakukan kegiatan CSR dengan menanam 50 pohon Trembesi untuk menghijaukan Kawasan Danau Pluit. Isuzu, Real Partner, Real Journey, tetap menjadi pilar keandalan bagi Indonesia, tidak hanya untuk 50 tahun yang telah berlalu, tetapi juga untuk dekade-dekade mendatang.(*)