Laporan dari Kuala Lumpur, CIMB Rayakan 100 Tahun Menggulirkan Progam Gerakan Sosial Kita Bagi Jadi
CIMB Bank Berhad (CIMB), salah satu institusi keuangan terbesar di Asia Tenggara, merayakan hari jadinya yang ke-100 dengan menggelar konser bertajuk ‘Kita Bagi Jadi’ di Plenary Hall, Kuala Lumpur Convention Centre pada akhir pekan lalu. Acara yang dihadiri lebih dari 2.000 orang ini bukan hanya sebuah perayaan musik, tetapi juga bagian dari gerakan sosial yang mengusung pesan positif dan semangat bertahan masyarakat Malaysia.
Gerakan Kita Bagi Jadi, yang dapat diartikan sebagai "we make it happen", dirancang untuk menyebarkan energi positif di tengah masyarakat. Mengambil inspirasi dari semangat kolektif bangsa, inisiatif ini bertujuan untuk mendorong masyarakat agar terus bergerak maju dengan mengandalkan dorongan dari dalam diri. Melalui kampanye ini, CIMB ingin menciptakan dampak yang lebih luas, tak hanya di ranah keuangan, tetapi juga di bidang musik, olahraga, dan seni.
Toni Darusman, Group Chief Brand & Marketing Officer CIMB, menyampaikan bahwa gerakan ini dirancang untuk menjadi kampanye yang menyentuh hati bagi komunitas, masyarakat dan nasabah. “Gerakan ini kami kemas dalam sebuah experiential campaign yang tidak hanya mampu membangkitkan emosi, tetapi juga diharapkan dapat menyebarkan energi positif dan merayakan semangat bertahan yang melekat pada masyarakat Malaysia,” ujar Toni saat ditemui di Kuala Lumpur, Malaysia, (24/11/2024).
Dengan diisi oleh 100 deretan musisi Malaysia, acara ini menjadi platform untuk menunjukkan bagaimana seni dan budaya dapat menjadi penggerak dalam mempersatukan masyarakat. Selain itu, konser ini juga membawa pesan inspiratif tentang pentingnya kolaborasi dalam menciptakan masa depan yang lebih baik.
CIMB tidak hanya fokus pada hiburan. Sebagai bagian dari peringatan seabadnya, perusahaan melanjutkan upayanya dalam memberdayakan masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan ekonomi dan inklusi keuangan. Dengan dukungan terhadap sektor musik, olahraga, dan seni, CIMB menunjukkan komitmen jangka panjangnya dalam membangun masyarakat yang lebih berdaya.
Dalam dunia olahraga, CIMB terus mendukung pengembangan talenta berbakat di berbagai cabang olahraga, termasuk balap sepeda, squash, dan golf. Dukungan ini diwujudkan melalui program pembinaan hingga kolaborasi dengan atlet-atlet terkemuka seperti Dato' Azizulhasni Awang dan S. Sivasangari, pemain squash internasional.
Konser Kita Bagi Jadi di Malaysia ini juga terinspirasi dari Konser Kejar Mimpi yang digelar secara konsisten oleh CIMB Niaga di Indonesia setiap tahunnya selama lima tahun terakhir. Gerakan Kita Bagi Jadi menjadi simbol bagaimana sebuah institusi besar dapat memotivasi individu untuk mengambil langkah nyata demi perubahan positif.
CIMB telah menyalurkan lebih dari RM27 miliar (Rp 95,8 triliun) dalam bentuk pinjaman kepada kelompok berpenghasilan rendah (B40) dan RM23 miliar (Rp 81,6 triliun) kepada usaha kecil dan mikro, dalam lima tahun terakhir.
Kemudian RM150 juta (Rp 532,5 juta) disalurkan untuk mendukung berbagai inisiatif di bidang olahraga, pendidikan, seni, dan lingkungan, sebagai bagian dari upaya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) CIMB. Serta RM7 juta (Rp 24,8 juta) disalurkan dalam tiga tahun terakhir untuk mendukung upaya pelestarian hutan, sungai, serta lahan basah.(*)