J&T Express Kirim 100 Juta Paket Secara Global saat Festival Belanja 11.11
J&T Express, penyedia layanan logistik global, mengumumkan pencapaian baru dalam perjalanan pertumbuhannya dengan berhasil menangani lebih dari 100 juta paket secara global dalam satu hari selama festival belanja 11.11 pada 12 November tahun ini. Kampanye pemasaran 11.11 merupakan musim puncak tradisional untuk Tiongkok dan Asia Tenggara.
Sejak 20 Oktober hingga 12 November 2024, J&T Express mencatat pertumbuhan signifikan dalam volume paket di kedua pasar tersebut. Di Tiongkok, rata-rata harian volume paket selama periode ini mencapai hampir 66 juta, meningkat 25% dibanding tahun sebelumnya. Ini mencatatkan rekor baru. Di Asia Tenggara, rata-rata harian volume paket dari 1 hingga 11 November 2024 melampaui 15 juta, mencatat pertumbuhan luar biasa sebesar 73% secara tahunan.
Keberhasilan J&T Express menangani lebih dari 100 juta paket secara global dalam satu hari selama 11.11, yang mencatatkan rekor bersejarah, menunjukkan kemampuan operasional kami yang kuat dan komitmen tanpa henti dalam melayani pelanggan global. "Kami akan terus berinvestasi dalam infrastruktur dan alokasi sumber daya di berbagai market, dengan fokus pada optimalisasi jaringan dan peningkatan layanan untuk memastikan layanan logistik yang efisien dan andal bagi pengguna global selama peak season, serta memenuhi permintaan pasar global yang terus berkembang,” kata Charles Hou, Wakil Presiden J&T Express pada siaran pers yang dikutip Selasa (26/11/2024).
Mengantisipasi lonjakan volume paket selama berbagai festival belanja akhir tahun, Perusahaan telah melakukan persiapan dini di berbagai pasar dengan meningkatkan investasi pada infrastruktur dan sumber daya manusia untuk memastikan efisiensi operasional dan kualitas layanan. Di Tiongkok, berdasarkan proyeksi bisnis dan kebutuhan produksi aktual, J&T merenovasi dan meningkatkan 32 pusat penyortiran di seluruh negeri, memperluas area operasional, serta meningkatkan ketepatan waktu. Lebih dari 600 pusat distribusi dan gerai juga ditingkatkan, dengan lebih dari 400 perangkat otomatisasi dipasang untuk mendukung kapasitas operasional dan menangani lonjakan volume paket secara efektif.
Memanfaatkan potensi pertumbuhan pasar Asia Tenggara yang besar dan kolaborasi erat dengan mitra e-Commerce, Perusahaan mempersiapkan diri secara proaktif menghadapi peningkatan volume paket e-Commerce selama periode 11.11. Pada September dan Oktober, J&T Express Vietnam mengerahkan lebih dari 300 truk, dan membangun pusat penyortiran terbesar di Vietnam Utara yang dilengkapi dengan teknologi dan peralatan operasional canggih. Pusat ini mulai beroperasi secara resmi dengan tingkat akurasi penanganan paket mencapai 99,99%, yang secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional.
Di Thailand, perusahaan ini meningkatkan empat pusat penyortiran dan lima pusat distribusi, serta menambahkan lebih dari 13 perangkat otomatisasi untuk meningkatkan kapasitas operasional. Hasilnya, kapasitas pemrosesan puncak pusat penyortiran meningkat sekitar 25%, dan pusat distribusi mencatat peningkatan 20%. Selain itu, J&T Express Thailand memperluas area penyortiran hingga 19.000 meter persegi, menambahkan lebih dari 900 kendaraan transportasi, dan merekrut lebih dari 3.800 personel untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dalam sektor penyortiran, pengiriman, dan layanan pelanggan.
Di pasar baru lainnya, Black Friday (29 November) menjadi musim puncak logistik terbesar di Amerika Latin. Perusahaan mencatat tren peningkatan signifikan dalam volume paket di Brasil dan Meksiko. Untuk menghadapi puncak ini, Perusahaan di kedua negara tersebut telah berinvestasi secara proaktif dalam infrastruktur dan sumber daya manusia, termasuk meningkatkan perangkat otomatisasi untuk memenuhi permintaan layanan ekspres berkualitas tinggi dari klien dan konsumen.(*)