Bridgestone: Jaga Brand Promise di Tengah Perubahan Ekspektasi Konsumen
Sejak berdiri lebih dari 90 tahun yang lalu, PT Bridgestone Tire Indonesia telah berpegang pada satu misi utama yang menjadi fondasi operasionalnya: “Serving society with superior quality”. Setiap strategi dan aktivitas yang dilakukan produsen ban ini selalu disandarkan pada misi ini. Tujuannya, brand promise (janji merek kepada pelanggan) Bridgestone dapat tersampaikan secara menyeluruh, dan tidak tergantung pada kegiatan pemasaran semata.
“Semua upaya yang kami lakukan, baik dalam menyediakan produk berkualitas, network yang luas, komunikasi pemasaran, maupun kegiatan CSR kami yang bernaung di bawah payung Bridgestone E8 Commitment, secara konsisten harus dilandasi pada misi kami tersebut,” kata Mukiat Sutikno, Managing Director PT Bridgestone Tire Indonesia.
Salah satu prinsip utama yang dipegang Bridgestone adalah Genbutsu-Genba, yaitu semua pengambilan keputusan harus melalui observasi fakta-fakta di lapangan. Dengan pendekatan ini, Bridgestone ingin memastikan bahwa setiap keputusan yang diambil relevan serta berdasarkan kebutuhan riil konsumen dan kondisi pasar.
Dalam konteks preferensi konsumen, Bridgestone secara berkala melakukan site visit, berkunjung ke mitra peritel dan mitra fleet. Tujuannya, mengetahui dan bersama-sama memecahkan isu yang terjadi.
Lalu, dalam konteks konsumen ritel, Bridgestone juga secara berkala melakukan survei pelanggan untuk mengetahui perubahan perilaku, dan menganalisis tren perkembangan industri otomotif. “Kami akan menyesuaikan pengembangan produk, network, dan cara komunikasi ke konsumen dengan perkembangan kebutuhan dan perilaku mereka,” kata Mukiat.
Semangat Genbutsu-Genba memungkinkan perusahaan untuk secara konsisten menjalin interaksi dengan para mitra distributor, toko ritel, maupun mitra fleet. Dari setiap interaksi dengan mereka, Bridgestone dapat mengetahui perkembangan konsumen dari berbagai sisi karena didasari sharing pengalaman langsung dari keseharian mitra-mitra tersebut dalam berinteraksi dengan konsumen mereka.
Selain melalui survei konsumen, Bridgestone juga aktif mendekatkan diri dengan konsumen melalui partisipasi di ajang-ajang pameran otomotif, seperti Indonesia International Motor Show (IIMS) dan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS).
Bridgestone belum lama ini memperkenalkan ENLITEN, teknologi yang memungkinkan ban diproduksi dengan tingkat emisi lebih rendah, lebih efisien dalam penggunaan bahan baku, serta memiliki tingkat material circularity yang lebih tinggi, tanpa mengorbankan aspek performance, safety, dan reliability dari produk tersebut. Saat ini teknologi ENLITEN tersedia pada produk Ecopia EP300 dan akan terus diperluas ke produk lainnya. Dari sisi tren produk, Bridgestone telah meluncurkan Dueler AT002 untuk segmen SUV, serta Ecopia EP150 R12 untuk segmen kendaraan EV.
Seiring meningkatnya tren terhadap pelayanan on-demand, salah satu pendekatan perusahaan adalah dengan menyediakan armada home service di beberapa jaringan resmi, yang disebut Toko Model (TOMO). Dengan demikian, konsumen bisa lebih mudah melakukan pemasangan ban dengan lebih nyaman.
“Authenticity dan relatability merupakan tren yang semakin dicari oleh konsumen dalam sebuah brand, terutama di kalangan generasi muda,” kata Mukiat. Karena itu, pihaknya mulai menggeser pola komunikasinya dengan menggunakan communication channels yang lebih kecil, agar materi komunikasinya bisa lebih relate dengan keseharian audiensnya.
“Selain itu, kami juga mendorong lebih banyak testimoni dan user generated contents yang meng-highlight pengalaman pengguna yang riil dalam menggunakan produk kami,” kata Mukiat.
Saat ini Bridgestone juga berfokus pada pemanfaatan berbagai kanal digital sebagai saluran komunikasi utama. Untuk itu, selain berkolaborasi dengan sejumlah content creator profesional, pihaknya juga rutin melakukan pelatihan bagi jaringan ritel untuk terus meningkatkan kemampuan content creation mereka.
Ke depannya, menurut Mukiat, Bridgestone akan terus beradaptasi sesuai dengan pergerakan pasar dan selera konsumen dalam menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
“Diraihnya penghargaan IBBA 2024 ini menjadikan kami semakin termotivasi untuk semakin mendekatkan diri kepada konsumen dengan memberikan produk, pelayanan, serta komunikasi yang lebih baik dan relevan sesuai dengan perkembangan konsumen dan audiens kami,” kata Mukiat. (*)