Strategy

GoSend Siap Dongkrak Penjualan Pelaku UMKM

GoSend, layanan jasa pengiriman logistik dari Gojek, menyiapkan sejumlah strategi untuk mendongrak UMKM agar tumbuh dan naik kelas dalam memanfaatkan platform digital. GoSend menawarkan tiga strategi utama untuk mendukung UMKM. Steven Halim, Head of Transport and Logistics Gojek menjaleskan layanan inovasi produk gosend. Pertama, melalui inovasi produk dengan menghadirkan layanan yang lebih hemat seperti "Instant Hemat". Layanan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengiriman yang tidak terlalu mendesak, sehingga membantu menekan biaya bagi pelaku UMKM.

Ketiga, GoSend berfokus pada edukasi dan pemberdayaan mitra UMKM melalui program seperti Ruang Belajar GoSend. Program ini menghadirkan pembicara yang memberikan pelatihan tentang pemasaran digital, termasuk cara meningkatkan visibilitas di media sosial. GoSend juga mengadakan kompetisi kreatif untuk membantu UMKM mempromosikan produk mereka dengan lebih efektif.

Steven optimistis tren pengiriman instan akan terus meningkat di 2025 meskipun pandemi telah usai. Menurutnya, kebutuhan masyarakat terhadap pengiriman cepat semakin tinggi karena perubahan pola konsumsi dan ekspektasi. "Kami melihat tren pengiriman cepat ini akan terus tumbuh, bahkan setelah pandemi. Orang semakin mengandalkan pengiriman instan untuk berbagai kebutuhan mereka," jelasnya kepada wartawan saat ditemui swa.co.id di Jakarta, Selasa (26/11/2024).

Dengan pendekatan ini, GoSend berkomitmen untuk menjaga kualitas layanan sekaligus mendukung keberlanjutan bisnis mitra UMKM di tengah berbagai tantangan ekonomi. "Kami percaya inovasi, promosi, dan edukasi adalah kunci untuk memastikan UMKM tetap tumbuh tanpa terbebani oleh kenaikan PPN atau biaya lainnya," ujar Steven.

Untuk menghadapi tahun 2025, GoSend menghadirkan promo menarik seperti GoSend Flat Ongkir 5 ribu, promo akhir tahun, dan diskon khusus pengiriman GoSend bagi para seller UMKM dengan berlangganan Gojek Plus.

"Serta terakhir, kami secara konsisten berbagi pengetahuan terkini kepada UMKM dalam menunjang pengembangan bisnis mereka," ungkap Steven.

Sebagai bagian dari dukungannya, GoSend juga membentuk komunitas Best Seller GoSend, yang telah menjangkau ratusan ribu pelaku usaha. Salah satu program unggulannya adalah Ruang Belajar GoSend Summit 2024, yang digelar untuk memberikan inspirasi dan wawasan strategis kepada UMKM.

"Dengan tiga langkah ini; inovasi produk, penawaran khusus dan ragam inisiatif edukasi, GoSend terus membuktikan komitmennya untuk mendorong UMKM Indonesia tumbuh dan bersaing di era digital. Kami ingin UMKM siap menjadi "best seller" di tahun 2025, dengan memanfaatkan momen-momen penting seperti akhir tahun ini," ujar Steven. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved