Bidik Gen Z, Yescci Menggaungkan Gaya Fashion Retro Amerika
Industri fashion di Indonesia sedang berkembang pesat, dengan tren dan preferensi konsumen yang terus berubah di bawah pengaruh teknologi dan media sosial. Meskipun banyak merek lokal dan internasional menyasar berbagai segmen pelanggan, Metrox Group—perusahaan ritel gaya hidup yang berkomitmen menghadirkan kebutuhan gaya hidup terbaik bagi konsumen modern—melihat peluang besar yang belum dimanfaatkan di pasar Gen Z.
Segmen Gen Z ini kurang dilayani karena busana yang tersedia saat ini cenderung berfokus pada gaya minimalis modern, menciptakan keseragaman tanpa variasi dan kurangnya keunikan. Menyadari preferensi dan perilaku fashion unik dari generasi yang melek digital ini, Metrox Group mengumumkan kehadiran Yescci, merek global asal China dengan estetika retro Amerika yang berani, untuk merangkul gaya dan identitas unik Gen Z.
Freddie Beh, Chief Operation Officer Metrox Group, mengatakan pihaknya berusaha memperkenalkan merek-merek inovatif yang selaras dengan budaya muda Indonesia yang dinamis. Gen Z, yang mencakup 25% dari populasi kita, membentuk masa depan fashion dengan keunikan dan ekspresi diri mereka yang kreatif.
“Gaya retro Amerika Yescci yang berani, dipadukan dengan pengalaman belanja yang menyenangkan dan imersif, menawarkan sesuatu yang benar-benar unik di Indonesia. Kami yakin Yescci akan memikat konsumen Gen Z dan memberikan definisi baru bagi perjalanan fashion Gen Z di Indonesia,” ujarnya, dikutip Selasa, (10/ 12/2024).
Generasi Z, yaitu individu berusia 17–25 tahun, mencakup 25,9% populasi Indonesia, merupakan segmen penting dengan daya beli signifikan dan pengaruh besar terhadap tren pasar. Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin), sektor ekonomi kreatif—termasuk industri ritel fashion—menyumbang 7,8% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional pada 2023. Hal ini menyoroti peluang pertumbuhan besar dan potensi ekonomi dalam pasar ritel fashion Indonesia, yang didorong oleh basis konsumen muda yang dinamis.
Menyadari perilaku belanja Gen Z yang khas—ditandai dengan penekanan pada ekspresi diri, kreativitas, dan kecenderungan terhadap fashion statement yang berani—Yescci menawarkan pendekatan baru dalam fashion. Merek ini menggabungkan keterjangkauan dengan pakaian dan aksesori retro Amerika berkualitas, menciptakan alternatif yang berbeda dari gaya mainstream. Filosofi Yescci berpusat pada inklusivitas dan aksesibilitas, mendorong konsumen muda untuk mengeksplorasi dan merangkul gaya unik mereka.
Freddie Beh menambahkan, pihaknya percaya Yescci akan berkembang pesat di pasar fashion Indonesia yang kompetitif. Merek ini tidak hanya menawarkan pakaian yang stylish dan terjangkau, tetapi juga mengintegrasikan pengalaman belanja yang mendalam, menciptakan hubungan yang berarti dengan pembeli Gen Z yang menghargai relevansi dan keterlibatan.
Toko pertama Yescci di Pakuwon Mall Bekasi menampilkan Yescci Corner eksklusif, konsep yang memadukan fashion dan gaya hidup menjadi pengalaman yang kohesif. Corner ini menyediakan ruang dinamis bagi Gen Z untuk terhubung, mengeksplorasi, dan mengekspresikan keunikan mereka di luar pakaian. Pendekatan inovatif ini menjadi tolok ukur baru dalam berinteraksi dengan pembeli muda. Ini tentang menciptakan hubungan, bukan sekadar transaksi.
Yescci Corner menawarkan berbagai pilihan fashion, mulai dari pakaian hingga aksesori seperti scrunchies, kalung, anting, dan ikat kepala, Yescci memosisikan diri sebagai destinasi fashion yang terjangkau bagi kaum muda. Merek ini berkomitmen menyediakan pilihan yang trendy dan ramah kantong yang menarik bagi kaum muda yang peduli pada fashion, menjadikannya tempat yang tepat bagi mereka yang mencari gaya tanpa menguras dompet.
Ivy Wong, Direktur Pengembangan Bisnis Pakuwon Mall Bekasi, mengatakan, Pakuwon Mall Bekasi mendukung Metrox Group dalam memperkenalkan gerai pertama Yescci. “Sebagai destinasi belanja baru yang dibuka di area dengan lalu lintas tinggi dan tren yang maju, mal ini menawarkan platform untuk terhubung dengan pembeli muda, keluarga, dan konsumen yang peduli pada fashion, sejalan dengan visi Yescci,” ujarnya.
Pembukaan toko pertama Yescci menampilkan koleksi perdana mereka, mengundang Gen Z Indonesia untuk menemukan fashion yang memberdayakan mereka agar merasa bebas, percaya diri, dan nyaman dalam mengekspresikan identitas mereka. Metrox Group menargetkan untuk memperluas kehadiran Yescci dengan lima gerai baru di Jakarta dan Bali pada 2025.
Metrox Group adalah grup ritel gaya hidup yang didirikan sejak tahun 2004 oleh dua visioner yang bercita-cita tinggi. Bersama-sama mereka membayangkan industri ritel yang terorganisir dengan baik, membawa kebutuhan gaya hidup terbaik bagi konsumen modern. Gagasan tersebut menjadi pilar bisnis ritel perusahaan, yang mencakup merek fashion dan gaya hidup internasional hingga produk aktif dan kebugaran.(*)