Festival Gebyar Nusantara, Dorong UMKM Binaan Peruri Bersaing di Pasar Global

PERURI mendorong kemajuan UMKM agar mampu bersaing secara global. (Foto: Dok. PERURI).

Untuk mempromosikan produk-produk Indonesia serta mengenalkan kekayaan budaya Nusantara kepada masyarakat Malaysia maupun pasar internasional, UMKM Binaan Peruri berpartisipasi dalam Festival Gebyar Nusantara yang berlangsung di Raintree Plaza TRX Exchange, Kuala Lumpur.

Festival Gebyar Nusantara yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia ini menjadi ajang berharga bagi para pelaku UMKM Indonesia untuk menunjukkan inovasi, kreativitas, dan kualitas produk mereka dikancah global.

UMKM Binaan Peruri yang berpartisipasi dalam festival ini adalahOhMycraft, Jefry Gallery Bambu, Rida Boenyamin dan Dapur Bintang Karawang.Mereka membawa produk unggulan yang memperkenalkan berbagai aspek kekayaan budaya Indonesia, mulai dari produk fashion yang menggabungkan konsep tradisional dan modern, produk kerajinan tangan, hingga makanan yang menggugah selera setiap pengunjung.

Ratih Sukma Pratiwi selaku Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri, menuturkan kegiatan ini adalah bentuk nyata komitmen Peruri untuk mendorong kemajuan UMKM agar mampu bersaing secara global. Peruri berkomitmen untuk mendampingi UMKM dalam upaya meningkatkan kualitas dan inovasi, guna memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan.

Produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM Indonesia tidak hanya mencerminkan kualitas, tetapi juga kreativitas yang mampu bersanding dengan produk internasional. “Hal ini sebagai kontribusi Peruri yang sejalan dengan arahan dari Kementerian BUMN untuk mendukung pertumbuhan UMKM serta memperkuat perekonomian Indonesia di kancah dunia,” kata Ratih dalam siaran pers yang diterima swa.co.id, Rabu (11/12/2024).

Peruri berperan aktif untuk memberdayakan UMKM, salah satunya dengan memberikan kesempatan untuk mempromosikan produk dan karya unggulannya melalui festival Gebyar Nusantara yang merupakan festival produk-produk Indonesia perdana yang diselenggarakan di Malaysia. “Dengan kesempatan ini, mereka memiliki peluang untuk memperluas jaringan bisnis, menjalin kemitraan baru, hingga mendapatkan akses ke pasar yang lebih luas,” katanya.

Peruri berharap UMKM binaannya dapat terus berkembang dan meningkatkan daya saingnya di pasar internasional. Keikutsertaan UMKM Binaan PERURI mencerminkan komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan UMKM dan perekonomian kreatif Indonesia. (*)

# Tag