Transcosmos Indonesia Kembangkan Generative AI, Perkuat Penerapan Customer Experience

Transcosmos Indonesia (TCID) telah menjadikan Gen AI sebagai elemen kunci dalam strategi inovasi, khususnya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan. (Foto: Shutterstocks)

Penerapan Gen AI telah membuka peluang baru untuk meningkatkan efisiensi operasional sekaligus memperkuat pengalaman pelanggan. Kecerdasan buatan (AI) yang membantu tugas manusia dengan kecerdasannya, kini semakin cerdas dengan hadirnya Gen AI, sebuah teknologi yang dirancang untuk memproses data secara kompleks sehingga memberikan solusi lebih akurat dan kontekstual dalam berbagai penerapan.

Perusahaan layanan bisnis digital dan customer experience, transcosmos Indonesia (TCID) telah menjadikan Gen AI sebagai elemen kunci dalam strategi inovasi, khususnya untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan.

Transcosmos Indonesia memiliki lebih dari 4.200 karyawan yang tersebar di 3 lokasi di Indonesia, yaitu Jakarta, Semarang dan Yogyakarta. Dipercaya untuk melayani berbagai klien dari multi sektor industri, termasuk e-commerce, retail, telekomunikasi, perbankan, dan asuransi, Transcosmos Indonesia menyediakan beragam layanan contact center, digital marketing, e-commerce support, data entry, IT support, dan lainnya.

Memasuki tahun 2025, TCID kembali memanfaatkan teknologi Gen AI untuk memberikan layanan yang lebih personal, efisien, dan proaktif. Ardi Sudarto Vice President Director Transcosmos Indonesia, melihat potensi besar Gen AI untuk mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan. Tahun depan, teknologi ini akan terus berkembang menjadi lebih adaptif dan intuitif, memungkinkan untuk memberikan layanan yang tidak hanya responsif tetapi juga proaktif.

“Dengan pendekatan ini, kami berharap dapat menciptakan pengalaman yang lebih baik dan membangun loyalitas jangka panjang dengan pelanggan,” kata Ardi dalam siaran pers yang diterima swa.co.id, Jum’at (20/11).

Diakui Ardi teknologi ini memungkinkan TCID mengotomatisasi berbagai proses, seperti memberikan respons pelanggan yang lebih cepat, menganalisis data secara mendalam, dan mempersonalisasi layanan sesuai dengan kebutuhan unik setiap pelanggan.

Salah satu implementasi utama Gen AI di TCID adalah Intelligent Chatbots, yang mampu memberikan jawaban otomatis secara kontekstual dan relevan, sehingga menciptakan interaksi yang lebih personal. Chatbot ini didukung oleh kemampuan Continuous Learning, di mana AI terus belajar dari interaksi sebelumnya untuk meningkatkan akurasi dan kualitas respons.

Selain itu, melalui salah satu produk unggulan TCID, Translingo SMART, TCID juga mengintegrasikan Multilingual Support, memungkinkan pelanggan di berbagai negara menerima layanan dalam bahasa yang mereka pahami.

Gen AI juga memungkinkan TCID menghadirkan Hyperpersonalization, di mana teknologi ini memanfaatkan analitik berbasis data untuk memahami preferensi pelanggan. Dengan cara ini, TCID dapat memberikan rekomendasi produk atau layanan yang relevan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menciptakan hubungan yang lebih bermakna antara brand dan pelanggan.

Di sisi operasional, Gen AI digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin seperti analisis percakapan, dan manajemen data pelanggan. Teknologi ini juga mendukung peningkatan kinerja agen layanan pelanggan dengan memberikan wawasan berbasis data, termasuk analisis intonasi atau pola percakapan untuk evaluasi performa yang lebih baik.

Teknologi ini memungkinkan untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin, seperti respons awal pelanggan atau pengelolaan data, sehingga karyawan bisa lebih fokus pada isu-isu yang memerlukan pendekatan personal dan strategis. Gen AI telah membawa industri layanan pelanggan ke era baru yang penuh dengan potensi. (*)

# Tag