Trafik Data Naik 7,2%, Indosat (ISAT) Pastikan Kelancaran Sinyal di Pulau Dewata
PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison, mengoptimalkan kapasitas jaringan pada 110 BTS untuk dukung destinasi wisata prioritas di Bali pada momen liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).Indosat memproyeksikan trafik data di Pulau Dewata ini meningkat sekitar 7,2% pada musim liburan Nataru. Peningkatan paling tinggi diprediksi di daerah Pelabuhan Gilimanuk, Pantai Pandawa, dan Pantai Kuta.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Indosat telah mengoptimalkan 15 Point of Interest (POI) yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur Nataru, diantaranya Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Pantai Kuta (Beachwalk), area Canggu dan Ubud, Lapangan Puputan Badung, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padang Bai, Pura Uluwatu, Pantai Sanur, hingga terminal Mengwi dan Ubung. Optimalisasi ini mencakup penguatan kapasitas dan performa jaringan di 117 BTS dan menyiagakan 5 unit Mobile Based Transmission Station (MBTS) yakni di Pantai Kuta, Pantai Canggu, Pantai Pandawa, Pelabuhan Gilimanuk dan Pantai Melasti.
Upaya ini dilakukan untuk menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman digital tanpa gangguan, baik untuk bersilaturahmi secara virtual, berbagi momen kebahagiaan, maupun mengakses layanan digital lainnya. Selain penguatan jaringan, Indosat juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Kantor Indosat Gatot Subroto Denpasar dan akan beroperasi mulai 24 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025, didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi.
Teknologi ini digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru. Selain memastikan kualitas layanan dan jaringan terbaik, Indosat juga berbagi kebahagiaan dan menebar kehangatan untuk masyarakat termasuk kepada 1.000 anak yatim di seluruh Indonesia.
Tidak hanya itu, Indosat juga turut memberikan berbagai kebahagiaan untuk pelanggan setia IM3, Tri dan HiFi di seluruh Indonesia dengan berbagai promo menarik. “Langkah-langkah strategis yang telah dilakukan merupakan bentuk nyata kami untuk mendukung kebutuhan digital pelanggan, terutama pada momen perayaan yang semakin bergantung pada konektivitas. Kami ingin agar pelanggan dapat merasakan pengalaman digital yang seamless, baik saat berbagi momen indah di media sosial, terhubung dengan keluarga dan kerabat, atau bermain game online favorit mereka," ujar Vikram Sinha President Director & Chief Exceutive Officer Indosat pada keterangan tertulisnya itu. (*)