Tiket.com Optimistis Mengembangkan Bisnisnya di 2025
Pemesanan akomodasi seperti hotel, vila, dan apartemen di Tiket.com melonjak sebesar 35% selama tahun 2024 dibandingkan tahun 2023. Sepanjang tahun 2024, industri pariwisata diwarnai dengan berbagai macam tantangan, tetapi juga dimeriahkan dengan jajaran prestasi yang patut dirayakan. Tiket.com, sebagai Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, merujuk pada kondisi pariwisata nasional dan minat akan destinasi internasional sebagai barometer dalam mendorong berbagai program wisata bagi Sobat Tiket (sebutan pengguna aplikasi Tiket.com).
Dengan total 27 hari libur nasional dan cuti bersama sepanjang tahun, termasuk dua hari khusus untuk nyoblos selama tahun 2024, masyarakat pun bisa dengan leluasa merencanakan liburan dari jauh-jauh hari tanpa rasa khawatir akan perubahan rencana perjalanan. Sebab, Tiket.com memiliki fasilitas Refund & Reschedule tanpa biaya ekstra. Fitur ini menjadi andalan untuk menenangkan hati para calon turis yang ingin bijak dalam mengatur dana, tetapi belum bisa 100% lepas dari tanggung jawab pekerjaan atau komitmen sosial lainnya.
“Sampai Kuartal III/2024, Tiket.com mencatat pertumbuhan hingga 4% dibandingkan tahun sebelumnya untuk pemesanan tiket pesawat untuk tujuan kota-kota domestik favorit seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, dan Makassar. Lalu Malaysia, Singapur, Thailand, Hong Kong, dan Jepang merajai 5 destinasi incaran turis Indonesia ketika memilih tujuan wisata mancanegara,” jelas Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Marketing Officer Tiket.com dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (27/12/2024).
Sedangkan, angka pemesanan akomodasi seperti hotel, vila, dan apartemen, juga melonjak sebesar 35% bila dibandingkan tahun 2023. Hal ini dikarenakan berbagai promo yang digenjot dengan kreatif sejak awal tahun, seperti Online Tiket Week, Tiket Hari Raya, program unik seperti SIP!, serta perkenalan ulang fitur tiket Homes, sehingga opsi menginap masyarakat pun beragam, terutama bagi keluarga besar yang membutuhkan rumah dengan banyak pintu kamar untuk istirahat.
Kemudian, Tiket.com dipercaya untuk menjadi mitra penyedia tiket bagi beberapa acara K-Pop seperti Babymonster Fanmeeting, Aespa, Enhypen, 2NE1, Taeyang, Stray Kids, dan masih banyak lagi. Demam K-Pop yang terus menggelora pun terasa dengan tiket konser yang selalu sold out dalam hitungan menit. Sepanjang tahun 2024, Tiket.com jadi platform resmi penjualan tiket beragam artis nasional dan mancanegara.
Selain tiket konser, Tiket.com juga memberikan solusi bagi wisatawan yang hendak mencari kegiatan saat berwisata, baik di dalam maupun di luar negeri. Contoh, tiket ke berbagai museum, paket tur, ataupun tiket masuk ke wahana seperti Dufan, Hong Kong Disneyland dan Universal Studio Singapore. Aktivitas outdoor juga tersedia seperti Arung Jeram, ATV, Glamping dan masih banyak lagi.
Di Kuartal III/2024, pemesanan tiket To Do mengalami peningkatan pemesanan sebesar 9% bila dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, Tiket.com juga mempertahankan program edukasi wisata nasional yang dicetuskan bersama-sama dengan Kementerian Pariwisata RI, yaitu Jagoan Pariwisata. Program yang telah memberdayakan lebih dari 205 usaha wisata di 15 desa wisata sejak tahun 2022, telah sukses diselenggarakan sekali lagi di tahun 2024 dengan tema Empowering Local Champions for Sustainable Growth.
Program Jagoan Pariwisata telah menjangkau 47 pelaku wisata dari berbagai latar belakang jenis usaha, mulai dari homestay, atraksi, UMKM suvenir, hingga bisnis kuliner. Para peserta program yang berasal dari Kampung Wisata Mendut di Jawa Tengah dan Kampung Wisata Kadipaten di Yogyakarta ini juga mendapatkan pelatihan dan pendampingan intensif dari 27 karyawan tiket.com, sehingga bekal ilmu dapat dimanfaatkan sebagai ilmu berbisnis yang makin berdaya.
Pada bulan Oktober, Tiket.com secara resmi jadi OTA perdana penyedia dan penjual tiket kereta cepat Whoosh yang saat ini menghubungkan Stasiun Halim Jakarta dengan Stasiun Tegalluar Summarecon Bandung. Dengan proses pemesanan tiket yang sangat mudah, tiket kereta cepat Whoosh pun langsung menjadi salah satu pilihan transportasi favorit Sobat Tiket di kuartal III/2024.
Sepanjang tahun 2024, Tiket.com juga terus jalin kemitraan strategis dengan beberapa badan organisasi wisata, seperti Singapore Tourism Board, Hong Kong Tourism Board, kemudian Korean Tourism Organization dalam sebuah kerjasama pemasaran dan publikasi silang-fungsi sehingga masyarakat makin mantap dalam menentukan pilihan destinasi liburan mancanegara berikutnya, baik untuk liburan hari raya, atau sekadar menghabiskan akhir pekan panjang.