AI dalam Industri Kreatif: Efisiensi Tinggi, Biaya Terjangkau
Menjelang pergantian tahun baru 2025, Imam Pesuwaryantoro selaku praktisi komunikasi digital membagikan pandangannya tentang masa depan Artificial Intelligence (AI) di Indonesia dilihat dari kacamata bisnis industri kreatif pada tahun 2025.
Perlu diketahui, tren AI pada tahun 2025 meliputi lima hal. Pertama, automatisasi proses. AI akan mengoptimalkan produksi dan pengolahan makanan, meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Kedua, analisis data. AI akan membantu industri pangan memahami preferensi konsumen, memantau kualitas produk, dan mengidentifikasi peluang bisnis baru.
Ketiga, pengembangan produk. AI akan membantu menciptakan produk pangan inovatif dan personalisasi. Keempat, virtual assistant. AI akan mempermudah interaksi pelanggan dalam industri kreatif. Kelima, pengembangan konten. AI akan membantu menciptakan konten kreatif, seperti film, musik, dan seni.
Menurut Imam, manfaat AI sebagai tools atau alat bantu kita sebagai superhuman dalam memaksimalkan beberapa hasil yang terukur antara lain: meningkatkan produktivitas dan efisiensi, membuka peluang bisnis baru, meningkatkan kualitas produk dan layanan, mengurangi biaya operasional serta meningkatkan pengalaman pelanggan.
Di sisi lain, tantangan penggunaan teknologi AI perlu menjadi concern bersama yang mengharuskan kita arif dikarenakan beberapa faktor variabel tantangan penggunaan AI. Sebut saja keterbatasan infrastruktur, kurangnya sumber daya manusia terlatih, kebijakan regulasi, keamanan data dan etika AI.
Salah satu studi kasus AI yang dikembangkan oleh Imam adalah penggunaan AI sebagai integrasi media aggregator dan sarana promosi produk atau jasa melalui publikasi media rilis. Media aggregator yang dikembangkan Imam merupakan inovasi berbasis AI yang dapat mengintegrasikan lebih dari 100 publikasi media rilis lokal.
“Sistem ini mengoptimalkan mesin pencari google SEO, integrasi media online dan kombinasi teknik copywriting pada penulisan artikel berita dengan Microsoft Bing-AI. Brand juga tidak perlu khawatir dalam memaksimalkan campaign melalui video promosi produk atau jasa yang ingin dijual kepada konsumen,” kata Imam dalam siaran pers (31/12/2024).
Saat ini AI-provider asal Indonesia yang bernama Prompt Magic menyediakan jasa AI Creator dalam men-generate video, foto dan audio melalui teknologi AI. Adapun klien-klien besar yang ditangani oleh Prompt Magic seperti KFC dan Healthy Way Kids juga merasakan langsung manfaat pembuatan video advertisement melalui teknologi AI.
Selain lebih cepat pengerjaan dan kualitas yang disajikan, biaya yang dikeluarkan terjangkau 3x lipat dari kompetitor video production yang tersedia saat ini.
"AI akan menjadi kunci utama dalam mengembangkan industri pangan dan kreatif di Indonesia. Kami berkomitmen untuk mendukung perkembangan AI dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia," jelas Imam. (*)