Erajaya Active (ERAL) Resmi Jadi Agen Tunggal Merek Mobil China XPENG di Indonesia

null

Salah satu lini usaha Erajaya Group, Erajaya Active Lifestyle Tbk (ERAL) mengumumkan sebagai agen tunggal pemegang merek mobil asal China XPENG di Indonesia. Penunjukan ini diresmikan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Erajaya Active Lifestyle yang diwakili oleh Djohan Sutanto selaku CEO dan Alex Tang selaku Head of International Division of Sales and Service XPENG.

Pencapaian tersebut merupakan langkah signifikan dalam ekspansi global XPENG, khususnya di Asia. Langkah ini sekaligus memperkuat komitmen XPENG untuk menghadirkan solusi mobilitas berkelanjutan berbasis AI di seluruh dunia.

“Penandatanganan MoU dengan XPENG merupakan pencapaian penting dalam perjalanan ERAL, dengan langkah strategis memasuki bisnis kendaraan listrik (EV) sebagai agen tunggal pemegang merek mereka. Kami bangga dapat berkolaborasi dengan XPENG, salah satu pemain EV terkemuka di dunia, untuk mendorong pengembangan industri kendaraan listrik di Indonesia,” kata Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, Selasa (31/12/2024).

Dengan pengalaman luas di bidang ritel dan distribusi, ERAL memperluas usahanya ke industri otomotif. Dengan memanfaatkan jaringan yang kuat, reputasi terpercaya, dan keahlian dalam sektor gaya hidup, ERAL memastikan kendaraan listrik dari XPENG mendapatkan dukungan penuh mulai dari impor, perakitan, hingga layanan purnajual.

Pasar kendaraan listrik (EV) di Indonesia telah berkembang pesat, didorong oleh target pemerintah untuk mencapai 2 juta mobil listrik dan 31.000 SPKLU/stasiun pengisian daya pada tahun 2030, dengan memberikan insentif berupa pengurangan pajak untuk pembelian mobil listrik dan mendorong proses perakitan lokal. Masuknya XPENG ke Indonesia sejalan dengan momentum ini.

“Pertumbuhan kendaraan listrik bukan hanya tren global, tetapi juga bagian penting dari transformasi ekonomi menuju ekonomi hijau dan berkelanjutan. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil listrik dari semua merek pada Januari hingga Juli 2024 meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Kami yakin bahwa keunggulan teknologi dan berbagai produk yang ditawarkan oleh XPENG akan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia,” tambah Djohan.

Alex Tang mengatakan kemitraan dengan ERAL merupakan langkah penting dalam ekspansi global XPENG. Perusahaan antusias memperkenalkan standar baru mobilitas listrik kepada konsumen Indonesia, yang menggabungkan teknologi inovatif dengan desain luar biasa untuk menghadirkan pengalaman tak tertandingi yang memenuhi kebutuhan pengemudi masa kini.

“Dengan visi mobilitas yang didefinisikan oleh AI, kami bertujuan merevolusi pengalaman berkendara di Indonesia, menjadikannya lebih aman, cerdas, berkelanjutan, dan menyenangkan di masa depan. Kami sangat senang menjalin kemitraan dengan ERAL untuk membangun masa depan mobilitas di Indonesia,” ucapnya.

XPENG G6 yang sangat dinantikan, sebuah SUV coupe mid-size bertenaga listrik murni dan XPENG X9, sebuah MPV 7-seater listrik premium, akan menjadi model pertama yang diluncurkan di Indonesia. Menggabungkan performa tinggi, teknologi mutakhir, dan nol emisi knalpot, G6 menawarkan supercharging 800 volt dan jangkauan berkendara yang lebih luas, memenuhi kebutuhan konsumen Eropa yang terus berkembang.

Sistem operasi generasi terkini dan fitur-fitur premiumnya akan memberikan pengalaman berkendara yang mulus dan terintegrasi dengan AI yang menetapkan tolok ukur baru dalam mobilitas listrik bagi pengemudi di Indonesia. X9 7-seater juga diharapkan mampu merebut hati konsumen Indonesia yang selalu menyukai MPV 7-seater.

Fitur-fiturnya mencakup sistem kemudi roda belakang aktif pertama di dunia; tampilan sistem infotainment berukuran 21,4” – yang terbesar di kategorinya; kulkas pintar untuk panas dan dingin di dalam kendaraan serta kursi mewah akan siap memanjakan pelanggan Indonesia.

Kemitraan dengan ERAL ini melanjutkan ekspansi XPENG baru-baru ini ke pasar Asia Tenggara dan sejalan dengan tujuannya untuk menjadi pemain global yang signifikan di sektor kendaraan listrik.

Perjalanan XPENG di Asia Tenggara dimulai pada tahun 2024 dengan Thailand, Malaysia, dan Singapura. Pada tahun 2025, XPENG akan memulai perjalanannya di Indonesia sebagai bagian dari ekspansi ke lebih dari 60 pasar internasional, dengan visi agar setengah dari penjualannya berasal dari pasar di luar Cina.

# Tag