Accenture: Merek Harus Menyeimbangkan AI dan Kepercayaan Pelanggan
Laporan tentang Life Trends ke-18 dari Accenture, menemukan 64% masyarakat Indonesia mempertanyakan konten yang mereka dapatkan secara daring, dan 72% dari mereka menilai kepercayaan menjadi faktor penting untuk berinteraksi dengan atau menggunakan merek tertentu.
"Berbagai brands harus menjunjung tinggi prinsip-prinsip AI yang bertanggung jawab, transparansi, akuntabilitas, dan keadilan. Bagi pelanggan, hal ini berarti kepercayaan yang lebih besar terhadap penggunaan data mereka dan keadilan keputusan yang dihasilkan oleh AI," ucap Jayant Bhargava, Country Managing Director, Indonesia di Accenture dalam siaran pers yang dilansir swa.co.id di Jakarta, Selasa (7/1/2025).
Sekitar 80% pelanggan melihat kenyamanan adalah pintu gerbang menuju pengambilan keputusan dan sejalan dengan gaya hidup yang sibuk. Namun, merek yang menanamkan kepercayaan ke dalam solusi yang mudah digunakan dapat menciptakan keunggulan kompetitif.
Accenture menilai terobosan-terobosan teknologi terbaru yang dipengaruhi oleh peningkatan penggunaan AI dan AI generatif akan berdampak pada pengalaman digital masyarakat. Namun, masyarakat juga semakin perlu memastikan bahwa yang mereka lihat dan apa yang mereka yakini bermanfaat bagi mereka sambil menghargai kenyamanan yang ditawarkan teknologi.(*)