Bank Raya Perkuat Sinergi BRI Group

null
Foto : Bank Raya.

PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO) meraih penghargaan kategori Excellence in Financial Innovation and Impact pada ajang BUMN Awards 2024 yang digelar oleh Investor Trust. Penghargaan ini diterima oleh Kicky Andrie Davetra, Direktur Bisnis Bank Raya pada pertengahan Desember 2024. Kicky mengatakan upaya perusahaan mendorong Inovasi produk digital perbankan yang berkualitas tentunya sejalan dengan strategi Bank Raya mendongkrak pertumbuhan bisnis digital yaitu dengan menghadirkan produk digital yang komprehensif (cross segment digital product).

Hal ini memungkinkan Bank Raya melayani pasar UMKM dan melakukan scale up bisnis dengan perluasan pasar potensial bisnis digital. "Kami juga berkomitmen untuk terus melakukan pengembangan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah," ujarnya di Jakarta, Jumat (10/1/2025).

Adapun upaya Bank Raya menumbuhkan bisnisnya itu tecermin dari kinerja cemerlang pada kuartal III/2024 dengan pencapaian positif di berbagai indikator keuangan. Bank Raya membukukan laba bersih pada kuartal III/2024 senilai Rp33,9 miliar atau tumbuh 130,9% jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2023.

Total aset Bank Raya tercatat tumbuh 12,1% mencapai Rp12,8 triliun, ditopang oleh pertumbuhan outstanding total kredit Bank Raya sebesar 20,7% atau mencapai Rp6,8 triliun pada kuartal III/2024. Pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) mencapai 11,2% atau tercatat mencapai Rp7,8 triliun. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh pertumbuhan giro sebesar Rp610 miliar atau tumbuh 58,2%.

Tabungan mencapai Rp1,4 triliun yang didorong oleh peningkatan pada digital saving menjadi sebesar Rp1,1 triliun atau tumbuh 39,9% dan Deposito menjadi Rp5,89 triliun atau tumbuh 11,2% . Pertumbuhan pada dana murah (giro dan digital saving) tersebut menunjukkan produk simpanan Bank Raya mempermudah nasabahnya mengelola keuangannya serta memenuhi kebutuhan para nasabah dalam bertransaksi perbankan digital sehari-hari.

AGRO per September tahun lalu itu melayani lebih dari 910 ribu nasabah melalui Raya Apps. Jumlah tersebut naik 17,8% jika dibandingkan kuartal ketiga di 2023. Penggunaan transaksi Raya Apps meningkat menjadi 2,6 juta transaksi dengan kenaikan sebesar 98%. Dengan semakin berkembangnya fitur dan inovasi produk Raya Apps, jumlah nasabah diharapkan dapat meningkat seiring dengan pertumbuhan pada digital saving yaitu sebesar Rp1,1 Triliun atau tumbuh 39,9% .

Sepanjang 2024, Bank Raya telah melakukan percepatan inovasi sebagai bagian dari strategi utama untuk mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan. Belum lama ini, Bank Raya mengeluarkan layanan contact center Sapa Raya yang berbasis live chat pada Raya App, yang memudahkan nasabah terkait informasi produk dan layanan Bank Raya. Contact center Sapa Raya dapat diakses WhatsApp atau Telegram selama 24 jam termasuk hari libur nasional.

Bank Raya mengoptimalkan potensi sinergi dengan ekosistem BRI dimulai dari pemanfaatan channel BRI seperti tarik dan setor tunai di ATM BRI dan Agen BRILink, inovasi fitur Saku Bareng dan fitur Quick Access untuk transaksi QRIS di aplikasi Bank Raya yang tersedia pada halaman login, bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan nasabah dalam pembayaran menggunakan QRIS di aplikasi Bank Raya yang tersedia pada halaman login.

Bank Raya semakin memperluas cakupan layanan, melalui sinergi dengan ekosistem BRI Group untuk mendorong adopsi produk perbankan digital Bank Raya ke pasar yang lebih luas, dengan keunggulan produk kami yang shorter, smaller, dan faster sehingga lebih mudah untuk diakses nasabah. "Penghargaan ini akan terus memotivasi Bank Raya untuk terus bertumbuh dan memberikan yang terbaik untuk para nasabah kami," tutur Kicky. (*)

# Tag