Kawan Lama dan TMII Berkolaborasi Menggaungkan Kekayaan Budaya Indonesia

null
Foto : Istimewa

Kawan Lama Group menghadirkan Pendopo di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia melalui produk lokal berkualitas sekaligus membuka peluang baru bagi UMKM untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Pendopo adalah merek bisnis Kawan Lama Group yang termasuk pada pilar Consumer Retail di bawah naungan PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES). Melalui slogan Ragam Satu Negeri , Pendopo adalah wujud dari dukungan Kawan Lama Group terhadap produk lokal dan upaya pelestarian budaya Indonesia.

Tasya Widya Krisnadi, Direktur Pendopo, menyampaikan saat ini Pendopo menjadi rumah untuk lebih dari 300 UMKM di seluruh Indonesia. Pendopo menghadirkan koleksi unggulan yang meliputi kerajinan tangan, pakaian, serta makanan dan minuman khas Indonesia.

Produk-produk di Merchandise Store TMII ini dirancang untuk memberikan pengalaman berbelanja yang istimewa, menonjolkan warisan budaya Indonesia yang sarat dengan keunikan dan keindahan. Selain itu, setiap produk yang tersedia juga menjadi bagian dari misi Pendopo untuk mendukung keberlanjutan ekonomi kreatif, dengan menonjolkan nilai-nilai tradisional yang relevan dengan tren modern.

Dia meyakini setiap produk lokal yang dihadirkan di Pendopo itu merefleksikan keindahan, kreativitas, dan nilai-nilai budaya yang menjadi identitas bangsa Indonesia. "Dengan menghadirkan produk-produk ini di Taman Mini Indonesia Indah, kami tidak hanya memperkenalkan hasil karya terbaik dari berbagai daerah, tetapi juga memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk terus berkembang dan berinovasi," ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (13/1/2025).

Kolaborasi ini adalah langkah penting dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif yang berkelanjutan, dimana tradisi dan inovasi dapat berjalan berdampingan. Selain itu, kehadiran Pendopo di TMII menjadi wujud komitmen perusahaan untuk mendukung pariwisata budaya Indonesia dengan menyediakan pengalaman berbelanja yang menghubungkan pengunjung dengan cerita dan nilai luhur di balik setiap produk. Harapannya, langkah ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk semakin mencintai dan mendukung produk lokal.

Menurutnya, TMMI sebagai salah satu destinasi wisata budaya terkemuka di Indonesia, TMII memiliki peran yang sangat strategis dalam melestarikan, memperkenalkan, dan mempromosikan keberagaman budaya Nusantara. TMII tidak hanya menjadi wadah untuk menampilkan keunikan tradisi dari berbagai daerah, tetapi juga menjadi ruang edukasi yang menghubungkan masyarakat dengan akar budaya bangsa.

Selain memperkaya daya tarik TMII , kolaborasi ini juga menegaskan TMII sebagai pusat pariwisata budaya yang tidak hanya menampilkan warisan budaya, tetapi juga mendukung keberlanjutan sektor ekonomi kreatif melalui sinergi dengan pelaku UMKM. Dengan demikian, TMII , tidak hanya menjadi destinasi wisata, tetapi juga menjadi jembatan yang menghubungkan tradisi dan inovasi dalam bingkai pelestarian budaya.

Ratri Paramita, Direktur Komersial TMII, menyampaikan kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya untuk terus memperkuat daya tarik TMII sebagai destinasi wisata budaya yang kaya akan nilai edukasi dan hiburan. Kehadiran Pendopo dengan koleksi produk lokalnya yang berkualitas memberikan nilai tambah bagi pengunjung kami, sekaligus mendukung keberlanjutan UMKM dan ekonomi kreatif Indonesia. "Kami percaya kolaborasi ini akan menjadi langkah yang membawa manfaat positif, baik bagi TMII maupun para pelaku usaha lokal," tuturnya.

Dengan berkolaborasi bersama Taman Mini Indonesia Indah sebagai ikon budaya dan pariwisata, Pendopo berharap dapat semakin mempererat hubungan antara karya anak bangsa dan para pengunjung dari berbagai latar belakang, baik domestik maupun mancanegara.(*)

# Tag