Penggemar K-Pop Global Tuntut HYBE Lebih Ramah Lingkungan

Penggemar K-pop global menuntut HYBE, salah satu perusahaan hiburan besar Korea Selatan sekaligus agensi bintang K-pop global BTS, untuk memimpin perubahan di industri K-pop menjadi lebih ramah lingkungan. Sebab HYBE menerima 2024 Sustainable K-Pop Award kategori Perusahan Hiburan Terpanas dan kategori Sustainable Fan-call Rookie.

“Penggemar K-pop secara konsisten mendesak perusahaan hiburan untuk menghentikan praktik penjualan yang tidak berkelanjutan dan melindungi planet kita,” tutur Nayeon Kim, juru kampanye Kpop4Planet di Korea Selatan dalam siaran pers, Kamis (16/1/2025).

Penghargaan ini merupakan hasil pemungutan suara penggemar 12 ribu di seluruh global selama November-Desember 2024, serta bagian dari kampanye Kpop4Planet "Plastic Album Sins". Kampanye itu menantang perusahaan hiburan untuk menghapus praktik promosi pembelian album fisik secara massal. Praktik tersebut meliputi sistem undian untuk fansign, menjual photocard secara acak, dan mengeluarkan beberapa versi album dari rilisan yang sama. (*)

Berikut hasil pemungutan suara.

Peringkat Perusahaan Hiburan Terpanas 2024

  1. HYBE (5,071 suara)
  2. YG (2,442 suara)
  3. SM (1,789 suara)
  4. JYP (738 suara)

Peringkat Sustainable Fan-call Rookie

  1. HYBE (3,712 suara)
  2. YG (2,692 suara)
  3. SM (2,230 suara)
  4. JYP (1,406 suara)

# Tag