Optimistis Industri Susu Naik, Greenfields Siap Ekspansi ke Seluruh Jawa

null
Parjono Sudiono, Senior Manager Ecommerce Greenfield Dairy Group. (foto Ubaidillah/SWA)

Pandemi Covid-19 telah membuka mata masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Pasca-pandemi, berbagai tren olahraga baru bermunculan, dan masyarakat berlomba-lomba menjaga kesehatan dengan caranya masing-masing, seperti berlari, bersepeda, senam, atau menjaga kebugaran di gim.

Fenomena ini menciptakan peluang bagi berbagai industri, tidak hanya sektor kesehatan, tetapi juga produk FMCG yang mendukung gaya hidup sehat, seperti susu, yang berpotensi mengalami pertumbuhan signifikan.

Parjono Sudiono, Senior Manager E-commerce Greenfields Dairy Group, mengungkapkan bahwa saat ini konsumen, terutama pelanggan Greenfields, semakin menyadari pentingnya kebutuhan nutrisi dan menjalani gaya hidup sehat.

“Hal itu juga membantu menumbuhkan akan kebutuhan susu. Terutama saat ini mereka juga mulai tahu mana minuman yang sehat dan bermanfaat. Dan kami growth-nya juga cukup bagus,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara ShopTokopedia dan Tokopedia Summit 2025 di Jakarta, Selasa (15/1/2025).

Parjono menyampaikan bahwa saat ini pertumbuhan penjualan Greenfields di e-commerce sedang menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Kehadiran platform seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya memberikan kontribusi besar dalam mendukung pertumbuhan ini.

Saat ini, masyarakat sudah semakin terbiasa berbelanja secara online, terutama untuk produk FMCG yang dikonsumsi sehari-hari. Setelah melakukan pembelian pertama, konsumen biasanya hanya perlu melakukan reorder secara otomatis.

Parjono menjelaskan bahwa masyarakat kini semakin sadar akan pentingnya kesehatan, terutama dalam memilih produk-produk yang lebih sehat. Menurutnya, pandemi Covid-19 telah memberikan pengaruh besar terhadap perubahan pola pikir ini.

"Post-Covid orang jadi melihat bahwa gaya hidup sehat sangat-sangat penting. Makanya kalau kita lihat tren di TikTok, media sosial lainnya, mereka sudah menggunakan gaya hidup sehat, mulai dari fitness, olah raga, lari dan sebagainya," ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa dengan gaya hidup yang lebih sehat, konsumen cenderung memilih produk yang mendukung kebutuhan tersebut. Mereka kini lebih teliti dalam melihat kandungan nutrisi produk sebelum memutuskan untuk membeli. "Mereka lebih aware dengan produk, terutama memperhatikan kandungannya seperti apa," tambah Parjono.

Penjualan online saat ini memberikan kontribusi yang signifikan, dengan pertumbuhan year-on-year mencapai double digit. Di e-commerce, perusahaan aktif berkolaborasi dengan berbagai platform, seperti quick commerce, social commerce, dan marketplace lainnya.

Untuk quick commerce, Greenfield fokus pada produk fresh, karena dengan layanan ini, produk dapat sampai di rumah konsumen dalam waktu 35 menit. Sementara itu, untuk marketplace seperti Tokopedia, perusahaan memprioritaskan layanan instant delivery. Mereka tidak hanya memastikan pengiriman dalam satu hari, tetapi bahkan dalam waktu tiga jam.

Ke depannya, Greenfields berkomitmen untuk terus menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen. Mengingat basis produk utamanya adalah susu, perusahaan telah meluncurkan berbagai varian, seperti low fat dan bebas lemak, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menjalani gaya hidup sehat. Mereka menyesuaikan kandungan lemak produk agar sejalan dengan tren gaya hidup sehat.

“Dan kita akan mengembangkan jangkauan jadi enggak cuma sekadar Jabodetabek tahun ini kami akan fokus ke Jawa dan mungkin tahun depannya kami akan nation wide begitu. Untuk official store sekarang sudah tersedia tapi yang menjual partner-partner kami,” ucapnya. (*)

# Tag