Wamendag Memacu UMKM Bali Go International

Ilustrasi Peningkatan UMKM. (Foto: CLIK)
Ilustrasi Peningkatan UMKM. (Foto: CLIK)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Bali untuk meningkatkan akses pasar di pameran yang diselenggarakan oleh Kemendag dan pihak lainnya. Produk UMKM Bali didorong go international. Demikian dinyatakan Wakil Menteri Perdagangan, Dyah Roro Esti Widya Putri, pada kunjungan kerja ke beberapa produsen dan pasar produk UMKM di Bali, pada 14-15 Januari 2025. Wamendag menyambangi sejumlah sentra UMKM di Bali Karangasem, Gianyar dan Badung.

Dyah berpesan kepada pelaku UMKM Bali untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas produk dan hubungan baik dengan buyer sehingga produknya mampu bersaing dan usahanya dapat berkelanjutan.Bagi UMKM, pameran sifatnya penting karena merupakan ajang promosi untuk meningkatkan akses pasar.

Kemendag mendukung UKM Bali dalam pameran yang rutin diselenggarakan, seperti Pangan Nusa, UKM Pangan Award, dan Trade Expo Indonesia. "Hal ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan dinas yang membidangi perdagangan setempat. Saya berpesan, tetaplah menjaga kualitas produk dan hubungan baik dengan buyer,” jelas Wamendag Roro seperti dikutip pada Sabtu (18/1/2025).

Kemendag di 2024 mendorong peningkatan akses pasar bagi UMKM melalui promosi pada berbagai ajang pameran lainnya, seperti Inacraft, Kriya Nusa, HUT Dekranas, serta Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW). Pada pameran Mall to Mall dalam rangka program Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Provinsi Banten.Kemendag memfasilitasi 96 pelaku usaha.

Pada pameran Pangan Nusa, 166 pelaku usaha dan 50 kuliner khas Nusantara telah difasilitasi Kementerian Perdagangan.“Dalam upaya perluasan pasar, Kementerian Perdagangan mengambil langkah-langkah penguatan diplomasi perdagangan internasional. Hal ini termasuk dengan berpartisipasi aktif pada fora internasional, percepatan penyelesaian perundingan perdagangan, dan penyelesaian sengketa dagang,” tutur Dyah.

Kemendag siap membantu UKM memulai dan meningkatkan ekspor. Kementerian Perdagangan bersama perwakilan perdagangan di luar negeri terus mempromosikan produk unggulan Indonesia melalui penjajakan kesepakatan bisnis (business matching), misi dagang, dan juga pameran internasional.

Pada penguatan ekspor, Kemendag berfokus pada upaya peningkatan daya saing pelaku UMKM menuju pasar global; di antaranya, melalui berbagai pelatihan dan pengembangan kapasitas pelaku UMKM berorientasi ekspor, serta program dan fasilitasi yang mendukung peningkatan nilai tambah dan keberterimaan produk UMKM di pasar internasional, misalnya melalui pemenuhan sertifikasi internasional dan pengembangan desain, serta penguatan ekosistem pendukung ekspor bagi pelaku UMKM.

Selain itu, Kemendag memfasilitasi pengembangan pasar dan konsultasi ekspor satu atap melalui platform Inaexport dan Export Center yang saat ini telah tersedia di Surabaya dan Makassar. Rencananya, Export Center segera akan dikembangkan ke beberapa daerah lain. (*)

# Tag