Latih 1 Juta Pengusaha Mikro, Evermos Menempa Jiwa Kewirausahaan Kaum Perempuan
Evermos berinovasi untuk memberdayakan masyarakat menjadi pengusaha. Evermos, sejak berdiri pada tahun 2018, memberdayakan lebih dari 1 juta pengusaha mikro. Sekitar 86% dari total pengusaha mikro ini adalah kaum perempuan. Pada platform berbasis komunitas ini, para perempuan, yang antara lain ibu rumah tangga dan lulusan SMA.
Mereka dilatih oleh Evermos untuk menjadi pengusaha yang mengoptimalkan platform digital untuk menjadi reseller dari sejumlah produk lokal terkurasi. Evermos menyediakan pelatihan dan pendampingan untuk mendukung kesuksesan para perempuan ini menjalankan bisnis secara fleksibel dari rumah dan menyeimbangkan tanggung jawab mereka sebagai ibu rumah tangga di keluarganya dan mencari nafkah dari pekerjaannya sebagai reseller.
Rata-rata pendapatan para reseller yang tergabung di Evermos ini mencapai sekitar US$ 239,45 per bulan, atau lebih tinggi di atas rata-rata pendapatan bulanan nasional Indonesia sebesar US$195,50. Pendekatan yang dilakukan Evermos ini meningkatkan taraf hidup individu serta keluarga dan memperkuat perekonomian regional melalui peningkatan daya beli dan reinvestasi.
Program Evermos yang memberdayakan perempuan itu diganjar apresiasi oleh beberapa pihak Pada awal tahun ini, misalnya, Evermos meraih penghargaan SEAL Business Sustainability Award 2025 untuk kategori Sustainable Innovation, yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan inovasi yang membawa dampak nyata terhadap masa depan keberlanjutan.
Pada ajang apresiasi yang telah mencapai tahun ke-9 ini, Evermos bersanding dengan sejumlah perusahaan internasional lainnya seperti British Airways, Tetra Pak, DBS Bank, Salesforce, Asus, dan Hasbro, yang juara juga ini di kategori lain.
“Evermos berkomitmen terhadap kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan merupakan bagian tidak terpisahkan dari setiap inisiatif yang diambil dalam pengembangan produk serta layanan kami,” ujar Ilham Taufiq, Co-founder & Acting CEO Evermos dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (30/1/2025).
Bagi Evermos, penghargaan ini bukan hanya pengakuan atas upaya perusahaan, tetapi juga pengingat akan pekerjaan yang masih harus dilakukan untuk memberdayakan lebih banyak perempuan di seluruh Indonesia dalam mencapai kemandirian ekonomi.
Sebagai platform connected commerce dengan fokus pada pemberdayaan UMKM lokal, Evermos secara aktif mengatasi hambatan sistemik yang sering membatasi partisipasi perempuan dalam memperoleh penghasilan untuk meningkatkan perekonomian keluarga, khususnya di daerah-daerah kecil Indonesia, lantaran akses masyarakat terhadap lapangan pekerjaan itu relatif terbatas.
Dengan menghubungkan UMKM lokal dan pengusaha mikro melalui teknologi yang mudah digunakan, Evermos menciptakan peluang ekonomi yang inklusif sekaligus memberdayakan perempuan untuk berkontribusi dalam perekonomian digital.
Penghargaan itu menjadi bukti komitmen Evermos dalam mendorong dampak berkelanjutan melalui inovasi digital, khususnya terhadap pemberdayaan perempuan dan penguatan UMKM lokal.
Penghargaan ini sekaligus juga menggarisbawahi pekerjaan yang masih harus Evermos lakukan untuk terus membuka peluang baru, memberdayakan lebih banyak lagi perempuan, dan mendukung pembangunan ekonomi yang inklusif di Indonesia.
Evermos adalah platform connected commerce yang mendukung wirausahawan lokal untuk memulai serta mengembangkan usahanya melalui penyediaan jaringan distribusi di kota tier 2 dan 3, serta layanan commerce yang terintegrasi.
Selain itu, Evermos merupakan one-stop platform yang menawarkan layanan dukungan komprehensif untuk para wirausahawan, mulai dari pemilik jenama lokal, reseller, hingga pro seller.
Perusahaan ini menyediakan berbagai pelatihan kewirausahaan gratis yang diberikan kepada individu yang tergabung dalam jaringan reseller Evermos. Program ini mendukung kesuksesan peserta pelatihan yang berasal dari lintas gender, berbagai latar belakang pendidikan, lokasi geografis, atau tingkat pendapatan. Evermos didirikan di bulan November 2018 dan membangun jaringan connected commerce berbasis reseller terbesar di Indonesia dengan 6.400 mitra UMKM. (*)