BTN: Inovasi Digital untuk Ekosistem Perumahan Terpadu
Untuk memperkuat posisi di industrinya, Bank Tabungan Negara (BTN) intensif melakukan inovasi digital. Selain fokus pada efisiensi dan produktivitas internal, mereka pun menghadirkan solusi-solusi inovatif berbasis teknologi digital yang relevan untuk ekosistem yang dilayaninya.
Layanan Terintegrasi
Menurut Direktur Information Technology BTN, Andi Nirwanto, inovasi digital yang dilakukan perusahaannya bertujuan membangun ekosistem layanan yang terintegrasi, terutama di sektor perumahan (housing).
Transformasi ini dilakukan sejalan dengan transformasi BTN yang memperluas perannya dari sekadar bank Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi bank ritel konsumen dengan tetap memiliki kekuatan pada layanan KPR.
Salah satu inovasi digital yang dilakukan ialah penerapan Open Finance. Ini adalah konsep yang memungkinkan integrasi data dan layanan keuangan melalui Application Programming Interface (API) terbuka.
Dengan persetujuan pelanggan, data keuangan yang sebelumnya hanya dikelola oleh institusi tertentu dapat diakses oleh pihak ketiga yang terpercaya untuk menciptakan layanan yang lebih personal, efisien, serta terintegrasi.
Dalam konteks BTN, Open Finance digunakan untuk mendukung layanan yang lebih luas dan mendalam di ekosistem perumahan, seperti pembelian rumah, renovasi, pembayaran utilitas, hingga layanan terkait properti lainnya.
Melalui API terbuka, pihak ketiga dapat memanfaatkan data ini untuk mengembangkan layanan tambahan atau memberikan akses yang lebih cepat dan mudah kepada pelanggan BTN. Misalnya, memantau informasi keuangan, melakukan pembayaran, bahkan mendapatkan solusi pembiayaan dengan cara yang lebih efisien.
Kendati inovasi ini sangat berguna, tantangannya tidaklah sederhana. Kesiapan infrastruktur teknologi di Indonesia yang belum merata, kebutuhan regulasi yang memadai, serta risiko keamanan data menjadi kendala utama.
BTN mengatasi hal ini dengan pendekatan Security by Design yang mencakup pengujian kerentanan secara berkala, simulasi serangan siber, hingga penguatan keamanan aplikasi. Strategi ini memastikan data pelanggan terlindungi dari ancaman seperti kebocoran data dan serangan DDoS, sekaligus menjaga kelancaran operasional digital BTN.
Sejalan dengan konsep Open Finance, BTN juga terus melakukan berbagai inovasi digital untuk mewujudkan impian masyarakat Indonesia memiliki hunian idaman.
Melalui pendekatan One Stop Solution, BTN menawarkan layanan terintegrasi yang mencakup pembelian, penyewaan, penjualan, hingga kehidupan sehari-hari di rumah idaman.
Consumer Journey
Salah satu inti dari ekosistem ini ialah BTN Properti. Platform digital ini memungkinkan pelanggan mencari rumah sesuai dengan kebutuhan secara mudah, menjelajahi puluhan ribu pilihan properti baru ataupun sekunder, dan menikmati fitur Virtual Tour 4D untuk melihat rumah secara virtual tanpa harus datang langsung.
Proses pengajuan KPR juga dipermudah dengan simulasi KPR online serta pelacakan status aplikasi secara real time, memberikan pengalaman yang lebih praktis dan transparan bagi pelanggan.
BTN Properti tidak hanya bermanfaat bagi pembeli, tetapi juga menjadi solusi komprehensif bagi pengembang properti melalui layanan BTN Properti for Developer. Platform ini membantu pengembang dalam melakukan manajemen stok, memantau progres KPR, hingga bekerjasama dengan mitra hukum seperti notaris dan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).
Dengan digitalisasi transaksi, pengembang dapat mempercepat proses penjualan properti mereka, menjangkau pasar yang lebih luas, dan memaksimalkan promosi melalui kolaborasi strategis dengan BTN.
Intinya, BTN juga mendukung berbagai aspek dalam perjalanan (journey) masyarakat untuk menyewa (renting), menjual (selling), membeli (buying), dan tinggal (living) di rumah masing-masing. Dalam aspek renting, BTN menyediakan informasi lengkap tentang properti yang tersedia untuk disewa, lengkap dengan detail harga serta fasilitas.
Di sisi selling, BTN mempermudah pengembang dan penjual individu memasarkan properti dengan alat manajemen stok yang terintegrasi. Untuk buying, pelanggan dimudahkan dengan simulasi KPR dan proses legalitas yang transparan, sementara aspek living diperkaya dengan layanan tambahan, seperti pembayaran utilitas, pemenuhan kebutuhan rumah tangga, hingga layanan gaya hidup, antara lain kebersihan rumah dan perawatan AC.
Guna mendukung semua layanan ini, BTN menghadirkan BTN Mobile, aplikasi super yang mengintegrasikan kebutuhan finansial, gaya hidup, dan perumahan dalam satu platform. Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan transaksi keuangan seperti pembayaran tagihan dan transfer lintas negara, tetapi juga menawarkan layanan gaya hidup seperti pemesanan tiket transportasi, servis rumah tangga, hingga pembelian kebutuhan sehari-hari.
Smart Residence
Selain itu, BTN juga meluncurkan Smart Residence, sebuah platform untuk mendukung pengelolaan hunian secara digital, yang mencakup pelaporan keluhan hingga akses informasi dari pengelola properti.
Seluruh inovasi digital ini terbukti efektif, dengan peningkatan disbursement sebesar 27% dan lonjakan pengajuan online hingga 50% dalam satu tahun terakhir.
Untuk menopang inovasi tersebut, BTN mengandalkan teknologi terbaru guna memastikan keandalan seluruh layanan. Dengan implementasi 360-degree security by design, AI security, dan cloud security, bank ini berhasil menjaga keamanan data nasabah.
Tidak hanya itu, bank BUMN ini juga menjadi salah satu bank pertama yang memiliki Cyber Security Incident Response Team (CSIRT) terakreditasi oleh BSSN. Sertifikasi ISO 27001 yang diraih BTN semakin memperkuat kepercayaan pelanggan terhadap keamanan layanan digitalnya.
Pendekatan teknologi ini tidak hanya sekadar alat, tetapi juga menjadi pilar dalam memahami kebutuhan pelanggan. BTN sendiri mengembangkan customer 360 view yang memungkinkan bank memetakan perjalanan nasabah secara komprehensif. Data ini digunakan untuk memberikan penawaran yang spesifik dan relevan sesuai dengan kebutuhan, tanpa mengganggu kenyamanan pelanggan.
“Kami memiliki prinsip: engage with our customers without annoying them,” kata Andi, menjelaskan visi AI BTN yang berfokus pada pengalaman pelanggan.
Seluruh inovasi ini merupakan landasan dan pilar BTN menciptakan ekosistem perumahan yang komplet, tidak hanya melayani masyarakat dalam memiliki rumah, tetapi juga membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih baik di dalamnya. Inovasi ini pun menjadi pilar untuk menggapai visi BTN, yakni menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia by 2025.
Ke depan, Andi menegaskan, BTN akan terus melakukan inovasi digital untuk menghadirkan solusi yang relevan di era modern. (*)