Taktik BRI (BBRI) Menempa Keterampilan UMKM Berdaya Saing Global
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memperkuat pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta memberdayakan pengusaha muda berbakat di Indonesia seiring digelarnya program Pengusaha Muda BRILiaN (PMB) 2024. Bank BUMN yang sahamnya bersandi BBRI itu mencetak wirausahawan unggul yang siap berkontribusi dalam pengembangan ekonomi nasional.
Program akselerasi bisnis ini telah berjalan selama 15 minggu dengan menghadirkan kurikulum strategis yang mencakup visi dan misi, hukum & perpajakan, leadership, ekspor dan percepatan Bisnis, hingga aspek Environmental, Social & Governance (ESG). Sebanyak 20 finalis terbaik dari 2 ribu orang yang mendaftar PMB itu berhasil melaju ke tahap akhir setelah melalui proses seleksi yang ketat.
Perseroan memberikan penghargaan kepada para pemenang diserahkan langsung oleh Direktur Commercial, Small & Medium Business BRI, Amam Sukriyanto di BRI UMKM EXPO(RT) 2025 pada akhir pekan lalu. Para pemenang kategori terbaik adalah: DBFOODS (Food & Beverage), produsen masakan Padang ready-to-eat dengan kemasan higienis; Gulalibooks (home decor & craft), penerbit buku anak interaktif yang mengedepankan literasi sejak dini dengan teknologi inovatif; dan Long Story Short (accessories & beauty), brand fashion yang menghadirkan produk berbahan rotan Kalimantan berkualitas tinggi.
Kemudian, Bumbi (fashion & wastra), social enterprise yang mengembangkan popok bayi ramah lingkungan melalui pemberdayaan perempuan dan disabilitas; serta Mambucha (healthcare/wellness), produsen teh fermentasi berbahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan.
Sementara itu, Juara Favorit diraih oleh Supergoat, produsen susu kambing bubuk premium dengan gula aren dan stevia, yang memperoleh suara terbanyak melalui mekanisme voting publik di pengusahamudabrilian.com.
Program PMB 2024 melibatkan jajaran dewan juri dari berbagai sektor industri, termasuk Komisaris Independen BRI Nurmaria Sarosa, Super Mentor PMB 2024 Andy Zain, Founder & CEO Young On Top, Billy Boen, Ketua Bidang UMKM dan Koperasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Ronald Walla, Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati, serta CEO Martha Tilaar Group, Kilala Tilaar. Evaluasi dilakukan berdasarkan inovasi bisnis, kesiapan tim, daya saing produk, serta kemampuan presentasi peserta selama program berlangsung.
Lima pemenang kategori terbaik telah melewati seleksi bertahap dari Top 150, Top 75, hingga finalis Top 20, dengan berbagai tantangan dan sesi pendampingan (mentoring) intensif.
Sebagai bentuk apresiasi, BRI memberikan total hadiah senilai ratusan juta rupiah serta kesempatan memperoleh pinjaman dengan suku bunga 0% guna mendukung pertumbuhan bisnis mereka.
Amam mengatakan PMB merupakan bagian dari peran strategis BRI sebagai agen pembangunan dalam memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia. “BRI berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kapabilitas dan daya saing pengusaha muda agar dapat naik kelas dan memperluas pasar hingga ke skala global. Kami berharap alumni PMB dapat menjadi lokomotif perubahan yang menginspirasi lebih banyak wirausaha muda di seluruh Indonesia,” ujar Amam pada keterangannya yang dikutip pada Rabu (12/2/2025)..
Ke depannya, BRI akan terus menghadirkan program pemberdayaan inovatif yang dirancang untuk mencetak lebih banyak wirausaha muda potensial, sehingga UMKM Indonesia semakin berkembang, mandiri, dan kompetitif di tingkat internasional.
Adapun, BRI UMKM Expo(RT) 2025 merupakan inisiatif strategis BRI untuk mendorong semakin banyak UMKM binaan yang naik kelas dan berhasil menjangkau pasar internasional.
Acara yang berlangsung pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City tersebut sukses dihadiri oleh lebih dari 69 ribu pengunjung, mencatatkan transaksi lebih dari Rp40 miliar dan berhasil merealisasikan kontrak ekspor mencapai US$90,6 juta atau sekitar Rp1,5 triliun. (*)